UB Menerima Kunjungan Dari Perwakilan Shinshu University.

Perwakilan Shinshu University saat di terima tim UB

 

indonewsdaily.com, Malang-Universitas Brawijaya (UB) menerima kunjungan dari perwakilan Shinshu University, Jepang. Delegasi yang datang langsung ke UB adalah Vice President for International Affairs Prof. Shinichi Yonekura dan Director of Center for Global Education and Collaboration Dr. Mitsuru Hamano .

Kedatangan keduanya disambut langsung oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. Imam Santoso, MP dan Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Internasionalisasi Andi Kurniawan, D.Sc.

Turut menyambut pula kedatangan mereka adalah Wakil Dekan III Fakultas Peternakan, alumni Shinshu University Dr. Ir. Eko Widodo, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Dr. Aji Setyanto, M.Litt, Kaprodi Sastra Jepang Santi Andayani, M.A. , Ni Made Savitri (IRO FIB), dan Aulia Luqman Aziz, M.Pd (International Office UB).

Pada perjumpaan tersebut, Prof. Yonekura sempat menyerahkan lembar MoU di antara kedua perguruan tinggi yang telah sama-sama ditandatangani oleh pimpinan masing-masing.

Dalam paparannya, Prof. Yonekura menyampaikan bahwa kehadiran pihaknya ke UB dalam rangka tindak lanjut kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak pada November 2023 yang lalu.

Di antara bentuk kerjasama adalah pendirian Satellite Office untuk Shinshu University di lingkungan UB. Kedatangannya bersama Dr. Hamano ke Malang adalah untuk meninjau calon lokasi kantor tersebut.

“Pada Satellite Office ini nanti kami akan menempatkan seorang profesor yang akan datang ke sini dua tahun sekali. Selama di sini, silahkan memanfaatkan kehadirannya untuk bertukar pikiran, merencanakan penelitian bersama, atau mengadakan coaching clinic untuk dosen dan mahasiswa UB,” ujar Yonekura.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. Imam Santoso, MP. mengatakan bahwa pihaknya telah meminta International Office untuk menyediakan Satellite Office tersebut. Menurutnya, UB siap menyambut kerjasama ini dengan keberadaan kantor tersebut nantinya.

“Saya kira ini sangat baik dalam rangka tindaklanjut nyata dari kesepakatan tahun lalu. Shinshu University bisa membantu kami dalam meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa, dan jika perlu ada dosen dan mahasiswa kami yang berangkat untuk melanjutkan studi di Jepang,” ujar Wakil Rektor.

Selain berjumpa dengan pimpinan universitas, delegasi Shinshu University juga menyempatkan berjumpa dengan sivitas akademika Fakultas Peternakan dan Fakultas Ilmu Budaya. Mereka sama-sama bersepakat pada beberapa rencana tindak lanjut kerjasama di tingkat universitas, di antaranya dengan membuka program Double Degree dan program Student Exchange (windu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *