UB Wisuda 5 Mahasiswa Difabel.

Dhimas saat menghadiri prosesi wisuda di UB

 

indonewsdaily.com, Malang- Universitas Brawijaya (UB) meluluskan 767 wisudawan pada Wisuda Periode XIV, Minggu (10/03/2024), di Gedung Samantha Krida. Dari jumlah tersebut terdapat lima wisudawan difabel, yakni Dimas Dadyo Wicaksono, S.Sos, Hafiz Ilmi, A.Md.Kom, Hafiza Kartikasari, A.Md.Kom, Endjie Apta Martiazharine, A.Md.Kom, dan Rizkya Adin Ardiansyah,A.Md.Kom

Kelima wisudawan tersebut menceritakan pengalaman selama berkuliah di UB, seperti yang diceritakan Dhimas Dadyo Wicaksono, S.Sos bahwa ia merasa semangat dalam menyelesaikan studynya di UB

“Saya lulus dari Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB dengan IPK 3,57. Disabilitas low vision dan ini tidak membuat saya kesulitan dalam proses perkuliahan,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menceritakan pengalamannya dalam menempuh perkuliahan di Universitas Brawijaya Malang.

“Selama kuliah, lingkungan fakultas dan kampus cukup ramah dalam menyediakan akses dan layanan bagi difabel. Saya tidak pernah pakai pendamping baik saat belajar di kelas, turun lapang untuk KKN/Magang, ataupun pengerjaan skripsi,” katanya.

Dhimas juga sangat bersyukur karena mendapatkan banyak bantuan dari dosen-dosen Prodi Sosiologi saat mengalami kesulitan membayar UKT.

Pemuda asal Surabaya ini aktif dalam berbagai organisasi, di antaranya BEM FISIP, Fordimapelar, BGC, dan Forum Mahasiswa Peduli Inklusi (FORMAPI). Ia juga membuat KOPINUS, yakni Komunitas Peduli Inklusi Nusantara

“Sejak saat itu saya fokus melakukan pergerakan sosial dalam rangka menyebarkan dan meningkatkan benih inklusivitas di tengah masyarakat, sehingga KOPINUS menjadi salah satu komunitas berskala nasional yang fokus dalam isu-isu inklusivitas,” jelasnya.

Tidak sedikit prestasi yang ditorehkan oleh Dhimas. Di antaranya Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2018 oleh Universitas Hang Tuah, Juara 3 lomba lari 100M dalam Kejuaraan Nasional 2019, oleh National Paralympic Committee of Indonesia, Best Speaker dalam TEDx Universitas Brawijaya 2020 di Kota Malang, serta dinobatkan sebagai mahasiswa terinspirasi UB dalam Program Euphoria Brawijaya 2021. Ia juga pernah menjadi asisten praktikum pengabdian di desa.

Saat ini Dhimas sedang berwirausaha dalam bidang pariwisata dan kuliner. Ke depannya Ia berencana melanjutkan S2 apabila ada kesempatan dan beasiswa.(windu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *