Uray Emma Yanuaris Jadi Perempuan Pertama Pimpin DPD PA GMNI Kalbar Setelah Menang Secara Aklamasi

Indonewsdaily.com, Pontianak – Konferensi Daerah (Konferda) ke III Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (PA GMNI Kalbar) berakhir digelar pada Minggu, (13/2/2022).

Konfrensi daerah yang digelar 5 tahun sekali itu menetapkan Uray Emma Yanuaris secara aklamasi sebagai Ketua DPD PA GMNI Kalbar priode 2022-2027.

Terpilihnya Uray Emma Yanuaris, aktivis perempuan dan anak menjadi ketua DPD PA GMNI Kalbar priode 2022-2027, mendapat respon positif dari Tri Budiarto mantan Wakil Ketua DPP PA GMNI.

Tri Budiarto Pensiunan Deputi BNPB tersebut mengatakan sejarah pertama kali PA GMNI Kalbar di pimpin oleh seorang perempuan. Hal itu ia sampaikan memberi sambutan menutup kegiatan Konferda ke 3 PA GMNI Kalbar. Minggu, (13/2/2022).

“Sejak 25 tahun berproses bersama kawan-kawan GMNI dari tahun 1998 saya pertama kali menjumpai kader-kader GMNI di Kalbar. baru kali ini menjadi sejarah PA GMNI Kalbar dipimpin oleh seorang perempuan,” ujarnya menutup kegiatan Konferda PA GMNI.

Terpilihnya Uray Emma Yanuaris secara aklamasi sebagai Ketua DPD PA GMNI Kalbar dilalui dengan proses persidangan yang cukup alot.

Noer Holis, pimpinan sidang pleno mengatakan terdapat 2 nama kandidat dalam proses pencalonan ketua DPD PA GMNI Kalbar.

“Dari 7 DPC PA GMNI yang memiliki hak suara dalam konferda memberikan rekomendasi nama calon ketua, setelah kami memeriksa rekomendasi tersebut. terdapat 2 nama yang memenuhi persyaratan sebagai calon ketua yakni Sarinah Uray Emma Yanuaris dan Bung Mawardi.” ujarnya.

Munculnya dua nama calon kandidat yang didukung oleh masing -masing DPC PA GMNI sempat beberapa kali di hentikan pimpinan sidang.

Holis mengatakan pemilihan ketua melalui tahap musyawarah mufakat oleh 7 DPC PA GMNI tak berhasil menetapkan satu nama sebagai ketua terpilih.

“Pemilihan ketua dilalui dengan 3 tahap, tahap pertama pencalonan, setelah calon dinyatakan bersedia untuk dicalonkan lalu dilanjutkan tahap ke dua yakni pemilihan melalui musyawarah mufakat yang dilakukan oleh 7 cabang yang memiliki hak suara apabila tak mencapai kesepakatan maka proses berikutnya adalah vooting”. ujarnya menjelaskan dinamika sidang pemilihan ketua DPD PA GMNI Kalbar.

Sidang pleno pemilihan ketua DPD PA GMNI Kalbar yang berlangsung alot hingga pukul (02.00) dini hari tersebut akhirnya menetapkan Uray Emma Yanuaris secara aklamasi sebagai ketua DPD PA GMNI Priode 2022-2027 setelah rivalnya menyatakan mundur dari proses pencalonan.

Mawardi kandidat calon ketua DPD PA GMNI tersebut mundur setelah pimpinan sidang menghentikan proses persidangan untuk kedua kali.

“Demi persatuan di tubuh PA GMNI Kalbar, alot proses sidang pemilihan ketua sampai pimpinan sidang m2 kali menghentikan proses persidangan karena tak mencapai hasil musyawarah mufakat saya menyatakan mundur dari proses pencalonan sebagai ketua DPD PA GMNI Kalbar. saya mengucapkan trimakasih kepada kawan-kawan yang mendudukung saya sebagai calon ketua DPD PA GMNI Kalbar, saya legowo kader terbaik sekaligus saudara adik saya saat ber GMNI Sarinah Uray Emma Yanuaris menjadi Ketua DPD PA GMNI Kalbar priode 2022-2027.”ujarnya saat menyatakan mundur dihadapan peserta sidang pleno konferda PA GMNI Kalbar. Minggu (13/2/2022).

Penetapan Uray Emma Yanuaris sebagai Ketua DPD PA GMNI Kalimantan Barat Periode 2022-2027 menjadi akhir dari kegiatan Konferda ke III PA GMNI Kalbar.

Konferda ke 3 DPD PA GMNI Kalbar di tutup dengan pemukulan gong secara simbolis oleh Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia. Kubu Raya, Minggu, (13/2/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *