BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercubuana: PT PGE Harus IPO

Foto logo Pertamina.

Indonewsdaily.com, Jakarta – Wakil Ketua 2 BEM FEB UMB, Nanda Ismail Firdaus menyatakan bahwa PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) harus masuk kedalam IPO (Initial Public Offering) agar prinsip transparansi diterapkan sebaik-baiknya.

“Nanda mengungkapkan bahwa saat ini PGE harus masuk kedalam bursa saham agar dapat meningkatkan kinerja dan juga efisiensi dalam menjalankan roda perusahaan, selain itu IPO juga dapat menambahkan modal untuk melakukan ekspansi usaha sesuai dengan keinginan PT PGE yang ingin berekspansi dan mengeksplorasi potensi energi panas bumi (Gheotermal Energi) yang ada di Indonesia untuk mengganti energi berbasis fosil dan bisa mencapai Net Zero Emission (NZE) lebih cepat, maka dari itu dibutuhkan modal yang besar.” Dalam keterangannya pada, Selasa (21/2/23)

Ketika PT PGE menjadi emiten, itu artinya perusahaan sudah menjadi perusahaan yang bertata kelola dengan baik (Good Corporate Governance).

“Disisi lain Nanda menyebutkan bahwa sudah banyak perusahaan BUMN yang menyelenggarakan sahamnya dilantai bursa, sebut saja PT. Wakita Karya, PT Jasa Marga dll, mereka melantai dibursa saham dan perusahaan tetap sukses.”

“Kemudian Nanda menyebutkan jika PT PGE takut akan keberalihan kepemilikan saham jika sudah melantai dibursa saham itu salah. Sebab, hanya 25% saham yang dilepas dan tidak sampai setengah dari total saham dan itu tidak menjadi PT PGE berganti kepemilikan. Seharusnya tidak ada yang bisa mengambil alih perusahaan, karena perusahaan hanya bisa diambil alih ketika saham mayoritasnya dimiliki pihak lain. Dan ini, 75% saham atau mayoritas masih milik pertamina, artinya pertamina sangat kuat dalam kepemilikan saham.”

Dengan IPO, PT PGE tidak ada celah untuk menutupi atau merekayasa laporan keuangan perusahaan. Sebab, ketika sudah Go Public, maka publik bisa mengawasi langsung dan dengan mudah bisa membaca kecurangan. Artinya, transparansi jauh lebih sehat,“ tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *