Canggih! Ruas Jalan Protokol di Kota Mojokerto Sudah Pakai Smart System PJU

 

Foto: Wakil walikota Mojokerto bersama kepala dinas perhubungan meninjau ruang operator PJU Smart System

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Demi menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di Kota Mojokerto, sejumlah
Lampu Auto Dimming telah dipasang di berbagai lokasi di Kota Mojokerto. Pemasangan lampu auto dimming ini untuk menerapkan Smart System Penerangan Jalan Umum (PJU) di Bumi Mojopahit sejak, Selasa (24/8/2021).

Sistem tersebut memungkinkan petugas untuk memonitor dan mengontrol lampu dari jauh. Lantas Bagaimana Smart System ini bekerja?

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Jujuk Nurdiansyah, A.Md.LLAJ, ST menyampaikan bahwa Smart System Penerangan Jalan Umum merupakan penerapan dari IoT atau Internet of Things.

“IoT adalah sebuah konsep dimana internet dapat dihubungkan dengan benda-benda sehingga benda tersebut dapat dikontrol atau digunakan dengan perangkat nirkabel.
Smart System ini dikendalikan dari ruang kontrol yang berlokasi di kantor Dinas Perhubungan Kota Mojokerto,” jelasnya, Selasa (24/8/2021).

Lebih lanjut Jujuk menerangkan ruang kontrol dapat memonitor sejumlah 8 unit konsentrator yang telah terpasang pada box meter PJU di ruas Jalan Pahlawan dan Jalan Gajahmada secara real-time. Apabila ada lampu yang padam maupun bermasalah, notifikasi akan muncul di layar ruang monitor dan menunjukkan lokasi konsentrator yang bermasalah sehingga operator ruang kontrol dapat langsung memberikan perintah kerja kepada petugas di lapangan untuk melakukan perbaikan segera.

“Smart System ini juga dapat menghemat listrik serta biaya yang digunakan karena lampu dapat dinyalakan dan dimatikan tepat waktu, serta tingkat pencahayaan dapat disesuaikan pada waktu tertentu,” imbuhnya.

Saat ini di Kota Mojokerto lanjutnya sudah terpasang sejumlah 230 unit Lampu Smart System dan 8 unit konsentrator yang tersebar pada beberapa ruas jalan protokol di Kota Mojokerto dengan daya listrik sebesar 120 watt.

“Kedepannya diharapkan Smart System PJU akan diterapkan pada seluruh ruas jalan di Kota Mojokerto untuk mendukung penerapan smart city di Bumi Mojopahit ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *