Cegah Karhutla di Kalbar, BRGM Lakukan Kegiatan SLPG di Kubu Raya

Indonewsdaily.com, Kubu Raya, Kalbar- Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan kegiatan Sekolah Lapang Petani Gambut (SLPG) di Desa Sungai Nipah Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (05/08/2021).

Noer Holis, salah satu Fasilitator Desa BRGM mengatakan, Kegitan SLPG tersebut diikuti oleh 18 Desa lokasi pendampingan BRGM di Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya.

“Kegiatan ini di ikuti oleh 18 desa yang tersebar di 2 kabupaten, yakni Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah yang menjadi lokasi pendampingan program Desa Mandiri Peduli Gambut (DMPG) BRGM,” ujarnya.

Selain itu, Hermawansyah Dinamisator BRGM Kalbar mengatakan kegiatan SLPG tersebut merupakan salah satu pendekatan BRGM dalam melaksanakan restorasi gambut di Kalimantan Barat.

“Kegiatan SLPG ini adalah salah satu pendeketan dalam mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk menjaga dan memanfaatkan ekosistem gambut dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujarnya kepada awak media.

Selain itu, ia menambahkan kegiatan tersebut juga bertujuan memberikan pelatihan kepada masyarakat dan petani agar dapat memanfaatkan lahan gambut dengan baik dan mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut di Kalimantan Barat.

“Secara BRGM berdiri bertujuan untuk melakukan upaya pencegahan terjadinya karhutla. Namun melalui kegiatan SLPG ini, BRGM tidak hanya semata melakukan pencegahan karhutla saja, melainkan memberikan solusi dalam pemanfaatan ekonomi di lahan gambut,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan SLPG ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam memanfaatkan peluang ekonomi di lahan gambut melalui metode pengelolaan lahan tanpa bakar (PLTB).

“SLPG adalah salah satu solusi dalam menjaga ekosistem gambut dengan tidak mengenyampingkan peluang ekonomi yg ada di lahan gambut melalui metode Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB),” tutup Hermawansyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *