DPD GMNI Kalbar Tolak Rencana Pembangunan PLTN di Bengkayang

Indonewsdayli.com. Pontianak, Kalbar- Rencana pemerintah pusat mengambangkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Menuai penolakan dari Dewan Pengurus Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD GMNI) Kalimantan Barat. Hal itu disampaikan Anselmus Ersandy, Ketua DPD GMNI Kalbar kepada wartawan Indonewsdaily.com, pada, Jumat, (13/8/2021).

Sandy sapaan akrab Ketua DPD GMNI Kalbar, mengatakan pembangunan PLTN tersebut bukan menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan listrik nasional dan penerapan pemanfaatan energi terbarukan di Kalbar maupun nasional.

“Alasan membangun PLTN untuk mencukupi kebutuhan listrik nasional dan menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan energi yang tidak terbarukan sejak lama sudah di wacanakan Pemerintah Pusat, namun itu bukanlah solusi untuk memecahkan permasalah energi di Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan, DPD GMNI Kalbar menolak rencana pembangunan PLTN di Kabupaten Bengkayang tersebut karena dirasa akan berdampak buruk terhadap lingkungan akbit radiasi nuklir yang mengancam keberlangsungan kehidupan masyarakat dimasa depan.

“Penolakan DPD GMNI didasari oleh beberapa alasan yang berkaitan dengan kemanusiaan, lingkungan dan keberlangsungan Bangsa Indonesia kedepannya,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *