Pemain timnas futsal Indonesia, Syauqi Saud, saat berhadapan dengan Thailand pada final Piala AFF Futsal 2022. Sumber Foto: www.skor.id

Final Piala AFF Futsal 2022: Indonesia Kalah Secara Dramatis dari Thailand

Indonewsdaily.com, Bangkok – Timnas Futsal Indonesia harus mengakui kehebatan Timnas Futsal Thailand dalam Final Piala AFF Futsal 2022. Indonesia secara mengejutkan gagal menjadi juara setelah unggul 2 gol lebih dahulu dan harus menelan pil pahit kekalahan lewat drama adu pinalti.

Indonesia membuka keunggulan 1-0 di menit ke-7 lewat gol Firman Adriansyah. Sukses mencuri bola dari kaki lawan dan langsung mengirim umpan manis ke Holypaul Septinus Soumilena, yang diselesaikan menjadi gol.

Indonesia juga berulang kali ditekan oleh Thailand setelah mencetak gol pertama. Anak asuh Carlos Cesar Gago berulang kali meluncurkan tembakan ke gawang timnas Indonesia dan berhasil digagalkan oleh kiper Muhammad Albagir.

Indonesia masih memimpin 1-0 dan tak ada lagi gol tambahan pada babak pertama.

Pada menit ke-25 Indonesia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Kemelut yang terjadi di mulut gawang Thailand berhasil dituntaskan oleh Adriansyah Runtuboy.

Laga yang tersisa 59 detik Thailand berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Krit Aransanyalak sukses menjebol gawang Indonesia.

Dalam sisa waktu yang tinggal beberapa detik laga usai, Thailand mampu menyamakan keadaan menjadi 2-2 lewat Osamanmusa. Pertandingan pun dilanjut lewat babak tambahan waktu 2×5 menit.

Pada babak pertama tambahan waktu Indonesia mengalami kerugian besar setelah Evan Soumilena diganjar 2 kali kartu kuning.

Beruntung bagi Indonesia tidak kebobolan sampai babak pertama tambahan tuntas. Indonesia bisa kembali bermain dengan skuad lengkap di lapangan pada babak kedua.

Tidak ada tambahan gol lagi selama tambahan waktu 2×5 menit. Pertandingan harus berlanjut ke babak adu penalti untuk mencari juara.

Anak Asuh Mohammad Hashemzadeh gagal keluar sebagai juara setelah kalah dalam adu penalti dengan skor 5-3 setelah satu-satunya penendang dari Timnas Indonesia Adriansyah Runtuboy gagal menjebol gawang lawan.

Dalam Final Piala AFF ini menjadi gelar ke-16 bagi Timnas Thailand dari 17 perhelatan. Sedangkan Indonesia masih 1 kali juara pada 2010 di Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *