Hari ke-11, Baru Tiga Parpol Ajukan Bacaleg ke KPU Kota Mojokerto

Lima komisioner KPU Kota Mojokerto saat menerima berkas bacaleg parpol.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Ada tiga partai politik (parpol) yang sudah mengajukan berkas bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Kota Mojokerto.

Pada hari ini, Kamis (11/5/2023), KPU menerima dua berkas pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari dua Partai Politik (parpol) yakni PDI Perjuangan dan Partai Nasdem.

Dua partai itu mengajukan berkas bacaleg hampir bersamaan. Sekitar pukul 10.00 wib PDI Perjuangan datang dengan rombongan pengurus dan atraksi kesenian bantengan. Setelah diterima Ketua dan komisioner KPU, rombongan PDI Perjuangan lantas menyerahkan berkas.

Tak berselang lama, rombongan pengurus Nasdem Kota Mojokerto beserta puluhan bacaleg dan simpatisan hadir di kantor KPU. Setelah memberikan berkas, kedua parpol itu lantas memberikan keterangan di hadapan media.

“Kita ingin memenangkan pemilu 2024 di Kota Mojokerto dengan meraih tujuh kursi dewan di tiga dapil,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Mojokerto, Santoso Bekti Wibowo.

Sementara itu Ketua DPD Nasdem Kota Mojokerto, Albert mengatakan jika Nasdem ingin mengenalkan tradisi politik riang gembira.

“Kita ingin menjadi jembatan bagi masyarakat pada pemerintah. Kita mengenalkan tradisi politik keterbukaan dan gembira,” katanya.

Sementara Divisi Teknis Penyelenggaraan pemilu KPU Kota Mojokerto, Tri Widya Kartikasari menjelaskan, pada hari kesebelas, KPU Kota Mojokerto telah menerima tiga berkas pengajuan bacaleg oleh tiga parpol yakni PPP, PDI Perjuangan dan Nasdem.

“Hari ini ada dua parpol, setelah diterima berkas mereka dinyatakan lengkap dan benar. Lantas kita memberikan tanda terima,” katanya.

Ia menjelaskan lengkap ini terkait dengan isian di silon ada, mulai dari administrasi bakal calonnya.

“Benar, maka kita nyatakan lengkap, adalah dua form yang mereka bawa itu benar ditandatangani oleh ketua dan sekretaris, benar juga antara isian yang upload di Silon. Tanda terima diberikan lengkap dan benar,” jelasnya.

Selanjutnya tambah Tri Widya pada besok Jumat (12/5/2023) ada empat parpol yang telah mengkonfirmasi akan mengajukan berkas, yakni PKS, PKB, Perindo dan PAN.

“Kemungkinan di dua hari terakhir parpol akan menyerahkan berkasnya,” katanya.

Masih kata Tri Widya, tahapan berikutnya setelah tanggal 14 Mei, KPU akan melaksanakan verifikasi administrasi file bakal calon.

“Nanti itu akan diperiksa termasuk file, apakah ktp sudah benar itu akan verifikasi administrasi namanya. Misal, surat dari pengadilan negeri, surat tidak pernah terpidana, apakah yang diunggah ini apa sudah benar. Jika ada ketidaksesuaian maka setelah vermin ini kita kembalikan untuk dilakukan perbaikan. Perbaikan ini dilakukan di melalui sistem Silon,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *