Hasil Piala AFF 2020: Tahan Imbang Vietnam, Thailand Susul Indonesia ke Final Piala AFF 2020

Thailand vs Vietnam. Sumber foto: cnnindonesia.com

Indonewsdaily.com – Laga leg kedua antara Thailand kontra Vietnam semifinal Piala AFF 2020 yang dimainkan di Singapore National Stadium, Minggu (26/12/2021) berlangsung cukup alot dan sama kuat. Pertandingan berakhir dengan kedudukan imbang tanpa gol 0-0.

Duel ini berlangsung sangat sengit sejak wasit memulai pertandingan. Vietnam yang tertinggal agregat 0-2 pada Leg 1 lebih menekan dalam pertandingan, Namun, penguasaan bola dipegang Thailand yang cuma membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak final Piala AFF 2020.

Babak Pertama

Peluang gol tercipta ketika laga baru berjalan selama empat menit. Nguyen Quang Hai melepaskan tembakan menggunakan kaki kirinya dari tengah kotak penalti Thailand, namun sepakannya bisa dihentikan oleh Chatchai Budprom.

Vietnam kembali membuat kiper Thailand bekerja dengan keras. Bertubi-tubi, Quang Hai menebar ancaman dengan kaki kirinya namun kali ini dilepaskan dari luar kotak penalti. Ia membidik pojok kiri bawah gawang, namun bisa dihentikan oleh pemain Thailand.

Thailand sempat menciptakan peluang emas pada masa injuri time dari aksi Theeraton Bunmathan, yang tendangannya dihentikan oleh Tran Nguyen Manh. Wasit meniup peluit panjang babak pertama tanpa adanya gol dari kedua tim tersebut.

Babak Kedua

Dengan selisih agregat dua gol, sepertinya akan begitu sulit buat Vietnam untuk mengejar ketertinggalan agregat dalam pertandingan ini dan melaju ke babak final. Namun demikian, pasukan Park Hang-seo belum rela mengibarkan bendera putih dalam. Tekan demi tekanan total tetap dilakukan oleh Vietnam.

Dua tembakan diluncurkan dalam rentang waktu lima menit setelah kick off babak kedua dibunyikan. Vietnam melalui Quang Hai, sementara Thailand lewat Teerasil Dangda. Tapi keduanya gagal menyarangkannya.

Vietnam mendapatkan dua peluang emas pada menit ke-63 dan 65. Phan Van Duc dan Nguyen Tien Linh secara bergantian menggempur pertahanan Thailand, namun semuanya dapat dimentahkan oleh tangan Budprom.

Belum ada tanda menyerah dari Vietnam meski pertandingan telah memasuki menit ke-85. Nguyen Hoang Duc mencoba peruntungannya dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti,dan lagi-lagi ditahan oleh Budprom.

Sisa-sisa menit pertandingan coba dimanfaatkan oleh Vietnam, setidaknya untuk memperkecil agregat skor dan keluar sebagai pemenang di laga ini. Namun, tidak ada gol yang tercipta sampai wasit meniupkan peluit panjang dan mengakhiri pertandingan.

Dengan Hasil ini otomatis Thailand melaju ke Final AFF 2020 yang sudah ditunggu oleh Indonesia. Laga Final akan dilaksanakan dengan format 2 leg pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 di National Stadium Singapura.

Susunan Pemain:

Vietnam (5-3-2): Tran Nguyen Manh; Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Nyuyen Thanh Chung, Ho Tan Tai; Nguyen Phong Hong Duy, Ha Duc Cinh, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc; Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo.

 

Thailand (4-3-1-2):Chatchai Bootprom; Theerathon Bunmathan, Kritsada Kaman, Manuel Tom Bihr, Narubadin Weerawatnodom; Thitiphan Puangjan,, Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon; Chanathip Songkrasin;, Teerasil Dangda.

Pelatih: Alexandre Polking

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *