Gagas Green Revolution Kota Batu, KNPI Gerakkan Seluruh Elemen Pemuda Tanam 2000 Bibit Pohon

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) Kota Batu bersama seluruh elemen pemuda se-Kota Batu lakukan penghijauan ” Green Revolution, Gerakan Sosial Lingkungan (GSL) ” di kawasan Glagah Wangi, Desa Sumbergondo, Bumiaji (26/12/2021). 

Kegiatan GSL KNPI Kota Batu diikuti 250 lebih peserta ini dilaksanakan dengan menanam 2000 bibit pohon yang tersebar di beberapa titik. 1.250 bibit tertanam di kawasan glagah wangi, 750 lagi di beberapa titik lainnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Pimpinan DPRD lainya, Nurochman Wakil Ketua I, Heli Suyanto Wakil Ketua II, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aris Setiawan, Kajari Kota Batu, Polres Batu, Perhutani, Camat Bumiaji, Kades Sumbergondo, dan pehutani.

Turut hadir elemen Organisasi yaitu GP Ansor dan Banser Kota Batu, FKPPI, Tagana, IPNU IPPNU, IPM, Garda Bangsa, Komunitas Papalas, Jaguar, ksrang taruna, Pelsjar SMA/SMK/MA, dan beberapa OKP lainnya. 

Ketua DPD KNPI Kota Batu Yuniar Arifiandi menjelaskan bahwa kegiatan ini dimulai sejak pagi hingga siang tadi, gerakan tanam pohom diawali dengan apel pemberangkatan di lapangan Sumbergondo. Dibuka dan diberangkatkan secara langsung oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, SP menuju titik penanaman pohon. 

” Gerakan Penghijauan ini diadakan dalam rangka menjaga serta merawat kawasan hutan yang ada di Kota Batu. KNPI melihat, adanya bencana banjir bandang beberapa waktu lalu, menjadikan banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Salah satunya adalah kelengahan menjaga kawasan hutan dari hulu sampai hilir.

Kegiatan Green Revolution ini, adalah sebagai salah satu bentuk respon keberpihakan untuk merawat lingkungan hutan dari hulu, yang nantinya akan kami kawal hinga hilir “, jelasnya.

Sebab, kelengahan menjaga hutan, jika dibiarkan terus menerus dan berkelanjutan, maka tidak menutup kemungkinan terjadinya bencana alam lain yang lebih besar akan datang mengancam. 

” Inilah yang tidak diinginkan oleh KNPI. Situasi bencana kemarin tidak boleh dianggap remeh dan dilupakan begitu saja. Harus ada penanganan serta tindaklanjut yang serius. Baik melalui gerakan sosial, maupun evaluasi sistem kebijakan pemerintah yang pro terhadap lingkungan.

Jangan sampai Kota Batu yang sudah terkenal dengan kesejukan dan keindahan alamnya, tapi kita sendiri malah enggan merawat serta menjaganya.

Oleh karena itu, dalam kegiatan GSL kali ini, KNPI benar-benar berharap serta mengajak seluruh elemen pemerintah, masyarakat dan khususnya pemuda, agar lebih menaruh keberpihakan terhadap kelestarian kawasan hutan dan sekitarnya. Mari bersama-bersama kita rawat hutan, menjaga Kota Batu dari segala ancaman bencana “, imbuhnya.  ( EH )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *