HIMPSI bersama DP3A Kabupaten Malang Fokus Pemulihan Tauma Para Korban Tragedi Kanjuruhan

Indonewsdaily.com, Malang – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang bersama Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Cabang Malang memberikan layanan trauma healing untuk seluruh pihak yang terdampak peristiwa Tragedi Kanjuruhan.

Layanan trauma healing tragedi Kanjuruhan dilakukan melalui layanan hotline, kunjungan ke rumah dan community biilding bersama tim gabungan yang terdiri dari UPTD PPA DP3A Kabupaten Malang, Fakultas Psikologi UMM, UB, UIN, Unmer dan LKK-NU Kabupaten Malang, Save The Children, MDMC, Tim Maharesigana UMM.

Ketua HIMPSI Malang M. Salis Yumiardi, menjelaskan di depan awak media, berdasarkan pantauan Himpsi Cabang Malang, bahwa kondisi keluarga penyintas pada peristiwa Kanjuruhan diakui memang masih mengalami kedukaan, bahkan sangat memerlukan dukungan untuk memulihkan kondisi psikologisnya.

“Sesuai data layanan HIMPSI Cabang Malang bersama tim gabungan, hingga saat ini sudah melakukan sebanyak 168 layanan.” kata Sulis Yumiardi.

“Layanan ini tidak terbatas untuk para korban, tetapi terbuka juga sejumlah elemen masyarakat yang berhubungan dengan insiden itu, seperti sopir ambulans dan jurnalis” terang pria yang juga Dekan Fakultas Psikologi UMM pada Sabtu (22/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama Kepala PPA DP3A Kab. Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, menjelaskan kondisi keluarga penyitas pada peristiwa Tragedi Kanjuruhan masih diselimuti rasa trauma.

“Pemerintah Kabupaten Malang dengan sigap bersama tim gabungan dengan dukungan HIMPSI berfokus pada upaya pemulihan para korban terutama anak-anak.” terangnya.

Lebih lanjut Arbani mengungkapkan jika untuk pelayanan psikososial atau trauma healing bagi para korban tersebut juga dibuka pelayanan trauma healing dengan mengakses layanan yang tersedia di crisis center.

“Dari situ orang bisa dengan mudah disharing, siapa saja korban yang memerlukan konsultasi by phone dan bila diperlukan kami akan melakukan konsultasi dengan home visit,” ungkap drg. Arbani

Karenanya untuk dengan agenda hari ini diharapkan adanya sinergi antara semua pihak termasuk media, dan menghimbau apabila kedapatan terkait anak-anak dapat menghubungi Dinas P3A Kabupaten Malang.(win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *