Ini Tips Jitu Melamar Pekerjaan agar Diterima HRD

Indonewsdaily.com, Jakarta – Situasi pandemi yang masih berlangsung, membuat beberapa pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, jangan putus asa ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk kreatif, ulet dan inovasi. Tapi, jika anda ingin langsung melamar pekerjaan ada baiknya perhatikan hal berikut sebelum interview.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional ADM Future HR (FTHR) Audi Lumbantoruan berbagi beberapa tips dari mulai melamar kerja, wawancara virtual, hingga sikap yang harus dihindari saat wawancara.

Audi mengatakan, tips yang pertama bagi pelamar kerja baik itu fresh graduate ataupun berpengalaman harus mencari informasi melalui media online atau media resmi perusahaan.

“Banyak sekali perusahaan yang beralih membuka lamaran itu melalui virtual,” kata Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional ADM Future HR (FTHR) Audi Lumbantoruan.

Sementara itu, Kementerian Ketenagakerjaan dalam unggahan di Instagram menambahkan tiga tips lainnya seperti menjalin networking, artinya menggunakan relasi untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Kemudian, bersikap ekstra responsif saat mendapatkan panggilan interview, serta siap selalu jika harus interview virtual.

Terkadang, ada yang masih bingung apa saja yang harus disiapkan saat wawancara virtual. Berikut tips dari Andi Lumbantoruan:

Jangan telat
“Pertama jangan sampai telat ya, itu memberikan image yang tidak baik. Karena kan virtual harusnya bisa disiapkan dengan baik,” kata Andi

Siapkan peralatan
Dari sisi peralatan yang dibutuhkan seperti laptop, komputer, atau smartphone, speaker, earphone dan platform wawancara yang digunakan. Biasanya menggunakan Zoom meeting, Google Meet, dan lain sebagainya.

“Pastikan internetnya lancar, komputernya jangan habis baterai. Dites dulu satu jam sebelum dimulai wawancara. itu menjadi faktor penting yang mempengaruhi hasil dari wawancara Anda, karena apa? Sedikit saja masalah itu terjadi, impresi pewawancara anda itu langsung besar walaupun kita tahu itu nggak bisa dihindari misalnya internetnya down,” jelasnya.

Kelengkapan berkas
Pastikan sebelum wawancara dimulai sudah mengirimkan terlebih dulu resume atau CV, sehingga ketika interview sudah mengetahui garis besar pengenalan dan mempromosikan diri.

Pakaian rapi dan sopan
Bicara dengan baik, aktifkan video saat wawancara virtual, menggunakan pakaian rapi yang mempresentasikan kepribadian Anda.

Agar hasil semakin maksimal, penting untuk diketahui sikap apa saja yang harus dihindari saat wawancara pekerjaan:

Merasa paling pintar
Meskipun sudah berpengalaman, jangan menunjukkan sikap over confident karena dapat mempengaruhi penilaian. Anda harus membangun image dan bangun persepsi yang baik.

Jangan mendominasi pembicaraan
Hal ini terjadi khususnya jika sampai tidak memberikan kesempatan pada recruiter untuk memberikan pertanyaan. Usahakan untuk bersikap adaptasi termasuk dalam membawa alur pembicaraan saat interview kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *