Lebih Mengenal Inovasi Kali Kampus, Tingkatkan Literasi Melalui Layanan Perpustakaan

 

Foto: Guru SMPN 8 Kota Mojokerto setelah sosialisasi Inovasi Kali Kampus

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Lebih mengenalkan inovasi Kali Kampus, SMPN 8 Kota Mojokerto mengelar kegiatan Sosialisasi Inovasi Kali Kampus yang bertempat di Perpustakaan SMP Negeri 8 Mojokerto, 3/4/2023. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala SMP Negeri 8 Mojokerto, Dwi Puspa Heriningsih, S.Pd., M.Pd. dengan mengundang perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto.

Inovasi Kali Kampus (meningKAtkan LIterasi melalui aneKA prograM layanan perPUStakaan) merupakan inovasi dari SMP Negeri 8 Mojokerto sebagai upaya meningkatkan literasi warga sekolah.

Program ini memiliki empat layanan. Layanan pertama adalah layanan ADB (Aku Duta Baca). Merupakan upaya merangsang siswa datang ke perpustakaan melalui pemilihan duta baca setiap bulan. Layanan kedua adalah layanan ABO ( Aku Baca Online),Upaya meningkatkan minat baca siswa melalui kemudahan meminjam buku pada saat siswa tidak sedang di sekolah/ tidak dapat mengunjungi perpustakaan. Layanan ini memiliki 203 judul Ebook yang bisa dipinjam secara online.

Fasilitas ini juga diberikan pada siswa SD dan masyarakat yang tinggal di sekitar sekolah. Layanan ketiga adalah layanan ABC ( Aku Bisa Cerita), merupakan layanan merangsang siswa membaca buku fiksi/ dongeng kemudian menceritakannya di depan teman-temannya. Layanan keempat adalah layanan AMB ( Aku Menulis Buku), merupakan layanan untuk mendorong guru dan peserta didik menulis baik melalui buku maupun majalah sekolah.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat meningkatkan minat serta meningkatkan karya literasi warga sekolah dan pada akhirnya tingkat literasi warga SMP Negeri 8 Mojokerto dapat meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *