Mahasiswa FK UMM Raih Juara Pertama Lomba Video Nasional

Indonewsdaily.com, Malang – Tiga serangkai mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang berjaya di ajang World No Day Tobaccos (WNDT) Mei lalu. Adie Prasetia Maulana, Fahreza Hadi Firmansyah, dan Aburizal Malik yang meraih juara pertama di ajang World No Day Tobaccos (WNDT) Mei lalu.

Adapun kompetisi nasional yang bertemakan “Don’t Let Tobacco, Take Your Breath Away” itu digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedoteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sepanjang bulan Mei.

Ditanya ihwal proses perlombaan, Adie Prasetia selaku koordinator kelompok mengatakan bahwa kompetisi WNDT tersebut dilaksanakan secara daring sejak 1-23 Mei. Kemudian dilanjutkan dengan penilaian yang dilakukan oleh juri hingga pengumuman pada 31 Mei lalu. Hari itu juga bertepatan dengan peringatan hari tanpa tembakau.

Pada awalnya, ia tidak menduga bahwa video yang mereka buat mampu menyabet juara, apalagi peringkat pertama. Kemenangan itu berawal dari hobi ketiganya dalam hal videografi. Beberapa kali mengobrol dan mencoba membuat video, mereka akhirnya memutuskan untuk ikut serta dalam lomba yang diadakan oleh FKG UMS.

Apalagi mengingat mereka memiliki waktu yang cukup luang untuk mempersiapkan diri. Video yang mereka buat berbentuk durasi pendek, yang diberi judul “Anugerah” yang memberikan pesan akan bahaya tembakau.

Tidak hanya berbahaya untuk diri sendiri tapi juga orang di sekitarnya. Dimana kandungan zat nikotin pada tembakau membuat perokok lebih beresiko terkena Stroke, serangan jantungan, dan kanker paru-paru.

“Maka dari itu video ini hadir untuk mengingatkan kembali terkait edukasi resiko konsumsi tembakau,” ujarnya.

Meskipun terkendala jarak lokasi antar anggota yang berbeda daerah, mereka masih bisa berkoordinasi melalui pertemuan daring. Adie sendiri berharap, video yang sudah dibuat tidak hanya menghasilkan kemenangan saja tapi juga mampu memberikan edukasi dan informasi lebih terkait bahayanya tembakau.

Video berjudul Anugerah inilah yang berhasil menghantarkan tiga serangkai mahasiswa Kedokteran UMM menyabet juara satu dalam ajang World No Day Tobaccos (WNDT) Mei lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *