Waspada, Ini 8 Aplikasi Malware yang Dapat Mencuri Data Diri hingga Uang dari Smartphone

Indonewsdaily.com – Di era digital yang makin canggih ini modus pencurian pun turut berkembang, salah satunya adalah pencurian data pribadi melalui aplikasi yang ada di ponsel anda, mulai dari pencurian data hingga uang.

Mengutip CNBC Indonesia, salah satu malware bernama Joker kabarnya telah masuk dalam ponsel Android, yang saat ini sudah terdeteksi. Ada 8 aplikasi yang terdeteksi membawa malware.

Malware Joker dapat mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat. Selain itu juga dapat berinteraksi dengan situs iklan diam-diam.

Selain mencuri data pribadi, para korban juga dapat kehilangan uang. Modusnya, tanpa sepengetahuan korban, Joker akan mendaftarkan korban ke situs-situs menjadi pelanggan premium.

Berdasarkan laporan Quick Heal aplikasi, pada saat aplikasi dibuka oleh pengguna, aplikasi akan meminta ijin untuk mengakses notifikasi, dengan begitu aplikasi dapat mengakses data SMS dari notifikasi. Kemudian aplikasi juga akan meminta untuk mengakses kontak.

Setelah anda memberikan izin kepada aplikasi, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Aplikasi juga akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Menurut informasi dari Quick Heal Security Labs, 8 aplikasi ini berpotensi mencuri data pribadi. Berikut 8 aplikasi tersebut :

1.Auxiliary Message

2.Fast Magic SMS

3.Free CamScanner

4.Super Message

5.Element Scanner

6.Go Messages

7.Travel Wallpapers

8.Super SMS

Syukurnya aplikasi-aplikasi tersebut sudah di hapus dari play store serta dilaporkan ke Google. Bagi anda yang sudah mengunduh aplikasi tersebut, segera hapus aplikasi itu dari telepon genggam anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *