Pemilu 2024 di Kota Mojokerto Aman Lancar, Mas Pj Ali Kuncoro Apresiasi TNI/Polri

 

Foto: Pj Walikota Mojokerto Ali Kuncoro saat mengecek logistik beberapa waktu lalu.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Tahapan pemilu di Kota Mojokerto sejauh ini berjalan lancar dan kondusif, semua logistik pemilu juga aman. Hal itu berkat sinergitas yang baik, untuk itu KPU dan Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro mengapresiasi pengamanan Pemilu 2024 oleh polisi, TNI dan Linmas.

Apresiasi tersebut disampaikan saat Forkopimda Kota Mojokerto mengecek logistik Pemilu 2024 di gudang logistik pemilu, Jalan Majapahit, Kecamatan Prajurit Kulon. Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S Marunduri dan Ali Kuncoro hadir untuk mengecek logistik pemilu secara langsung.

“Logistik ini sangat penting karena akan menjadi barang bukti apabila ada perselisihan hasil pemilu. Ini ada 1.970 kotak suara, per TPS ada 5 kotak suara, kalau bilik ada 4. Semuanya sudah ada di sini,” kata Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin kepada wartawan di lokasi, Sabtu (24/2/2024).

Amin menjelaskan seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kota Mojokerto telah tuntas sampai rekapitulasi tingkat kecamatan. Ia memastikan pemilu kali ini berjalan aman dan lancar tanpa pemungutan suara ulang (PSU).

Sehingga besok lusa, Senin (26/2), pihaknya akan menggelar rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota. Amin berkomitmen akan memberi ruang seluas-luasnya kepada peserta pemilu yang merasa keberatan dengan hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan.

“Jika besok selesai dan hasilnya (rekapitulasi tingkat kota) kami serahkan ke KPU Jatim, maka seluruh tahapan pemilu di Kota Mojokerto sudah selesai. Misalnya ada yang tidak puas, mekanismenya mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Rentang waktunya 3 x 24 jam sejak selesai rekapitulasi,” jelasnya.

Tahapan pemilu yang berjalan lancar, aman dan kondusif, kata Amin, tak lepas dari peran petugas keamanan. Menurutnya, TNI, polisi maupun Linmas sudah bekerja keras menjaga keamanan semua tahapan pemilu hingga distribusi logistik.

“Bantuan Polri, TNI dan Linmas sangat luar biasa, beliau-beliau tanpa lelah menjaga kami di masing-masing TPS. Sehingga pemilu berjalan sukses,” tegasnya.

“Partnership di Kota Mojokerto luar biasa, sukses, partisipasi masyarakat juga sip. Tinggal dikawal supaya ke depan tidak ada masalah lagi. Tak kalah penting mari bersiap untuk hajatan pilkada,” ujarnya.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S Marunduri meminta semua personil yang masih berugas dalam pengamanan Pemilu 2024 selalu siap siaga dalam bertugas. Ia juga menyampaikan terima kasih atas sinergitas Pemkot Mojokerto dan TNI sehingga kamtibmas selalu terjaga kondusif.

“Kami akan kawal pelaksanaan sidang pleno rekapitulasi suara di KPU Kota Mojokerto sampai selesai karena seluruh kotak suara dari PPK sudah digeser ke gudang logistik. Kami pastikan pengamanan yang di laksanakan oleh personil kami sesuai SOP yang berlaku,” kata Daniel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *