Tim Doktor Mengabdi (DM) dari LPPM UB Membuat Demoplot Kandang Sehat

Indonewsdaily.com, Malang – Pengenalan desaign demoplot kandang sapi sehat oleh LPPM UB kepada Kelompok Peternak “Sumber Makmur” di Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pembuatan demoplot kandang sehat tersebut dilakukan karena mayoritas warga di Desa Gunungrejo tersebut memelihara ternak dengan sistem kereman yaitu meletakkan sapi menjadi satu bagian dengan rumah peternak berventilasi yang kurang ideal.

Hal ini menyebabkan menurunnya keleluasaan ternak dalam mendapatkan sinar matahari dan menurunkan efisiensi pemanfaatan pakan berkualitas yang akan menurunkan produktivitas ternak.

Oleh karena itu, Tim Doktor Mengabdi diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Kusmartono membuat desain kandang sehat bagi sapi.

Desain kandang sehat meliputi arah kandang menghadap ke timur sehingga mendapatkan cahaya matahari saat pagi hari, memiliki ventilasi untuk pengaturan sirkulasi udara sehingga udara kotor dalam kandang dapat digantikan dengan udara bersih, atap kandang memiliki sudut kemiringan 30 derajat dengan bagian miring meluncur ke bagian belakang kandang, dinding berhubungan langsung dengan ventilasi dan mengatur masuknya sinar matahari, ketinggian kandang lebih tinggi dari ternak sapi, kandang memiliki palungan pakan dan air minum yang terpisah dan mudah dibersihkan, lantai kandang tidak licin dan tidak mudah lembab serta tahan injakan.

“Pada desain kandang tersebut, lantainya memiliki kemiringan 15 derajat kearah selokan untuk memudahkan pembersihan kandang, dan lokasi kandang mudah dijangkau oleh sarana transportasi dan dekat dengan sumber air. Kandang harus dilengkapi dengan peralatan seperti sekop, sapu, sikat, ember, selang dan kereta dorong,”kata Prof. Kusmartono.

Mantan wakil rektor I tersebut menambahkan, desain kandang yang baik akan membuat ternak sapi lebih sehat karena kotoran ternak lebih mudah dibersihkan setiap waktu.(5/11/2021)

“Melalui desain kandang diharapkan proses produksi ternak bisa berjalan lebih baik dan pada akhirnya pendapatan peternak rakyat juga semakin meningkat,”katanya.

Program DM dari LPPM UB di Desa Gunungrejo tepatnya di kelompok peternak “Sumber Makmur” ini akan dilakukan secara berkelanjutan dengan upaya penguatan desa dalam menjadikan Desa Binaan Unggulan UB di bidang Usaha Sapi Potong yang memiliki kemampuan memproduksi pakan mandiri, memasarkan pakan secara luas, dan mengembangkan produk pupuk organik serta mengarahkan usaha peternakan ke skala peternak yang lebih besar dengan dukungan dan pendampingan program penyuluhan yang dilakukan secara berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *