Universitas Brawijaya Membuka Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Vokasi di Tahun 2022

Gedung Kantor Pusat Universitas Brawijaya Malang.

Indonewsdaily.com, Malang – Dua Fakultas baru di Universitas Brawijaya (UB) yakni Fakultas ilmu kesehatan dan fakultas vokasi akan di buka ditahun 2022, sebagai upaya perubahan di bidang akademik setelah status UB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

“Ketika UB masih berstatus BLU, pengajuan usulan prodi harus melalui website Silemkerma Dikti. Namun ketika sudah berstatus PTNBH, pengajuan usulan prodi sudah bisa kami lakukan di tingkat universitas,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES.

Prof. Aulani’am mengatakan, dua fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Kesehatan dengan program studi Keperawatan dan Gizi, serta Fakultas Vokasi.

Rektor UB Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR, MS mengatakan, saat ini dengan status UB yang baru tidak menempatkan UB dalam jajaran pemain pemula.(31/12)

“Status baru ini tidak menempatkan UB sebagai pemain pemula seharusnya kami sudah berada di atas semua perguruan tinggi yang terlebih dahulu berstatus PTNBH,” katanya.

Hal ini karena sudah banyak persiapan yang telah dilakukan UB sejak masih menjadi perguruan tinggi BLU.

Prof. Nuhfil Hanani optimistis dan siap dengan status baru, karena sudah mempersiapkan semuanya sejak UB masih menjadi BLU.

“Seumpama membangun rumah, maka pondasi-pondasi hingga bangunannya sudah jadi dan berdiri tinggal mengisi perabot yang ada didalamnya,” kata mantan Dekan FP tersebut.

Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan, Prof. Drs. Gugus Irianto , MSA., Ph.D., Ak menjelaskan tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) seperti yang selama ini beredar dan akan ada perubahan struktur organisasi baik di tingkat universitas maupun pada level kepegawaian

Prof. Gugus mengatakan dengan status baru UB sebagai PTNBH, prinsip yang dipegang UB tetap tidak mencari keuntungan atau nirlaba.

“PTN status apapun itu di Indonesia adalah sesuatu yang prinsipnya tidak mencari keuntungan, InsyAllah dengan sumber pendanaan dari inovasi dan bidang usaha yang dimiliki UB, akan bisa membantu UKT mahasiswa. Saat ini ada 30 persen lebih mahasiswa yang mempunyai keringanan UKT,” katanya.

Status UB menjadi PTNBH telah disahkan pemerintah sejak 18 Oktober 2021, namun karena masih dalam waktu tahun berjalan, maka UB masih menjalani  status BLU. (win/red) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *