Dipastikan Hoaks! Pesan WhatsApp Wabup Mojokerto Galang Dana Untuk Ponpes

Indonewsdaily.com, Mojokerto- Hati-hati bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto, pasalnta beberapa hari terakhir beredarnya nomor WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al-Barra atau yang biasa dipanggil Gus Barra untuk melancarkan penggalangan dana (donasi) berupa uang untuk berbagai Yayasan dan Pondok Pesantren. Pihak Wabup menyebut nomer yang beredar dipastikan tidak benar atau Hoax.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto menegaskan bahwa nomer WhatsApp yang mengaku sebagai Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al-Barra merupakan nomor yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan mencatut nama Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al-Barra serta menggunakan foto Wabup Mojokerto.

“Itu oknum yang hendak melakukan penipuan dengan meminta donasi untuk yayasan dan pondok pesantren, bukan nomernya gus barra” tegasnya, Sabtu (10/7/2021).

Ardi mengimbau masyarakat Kabupaten Mojokerto apabila menerima sebuah informasi, untuk melakukan verifikasi informasi pada sumber yang valid terlebih dahulu; Memahami informasi terlebih dahulu dengan melakukan seleksi dan identifikasi dari informasi yang diterima; dan tidak asal menyebarkan berita atau pesan tanpa memastikan kebenarannya terlebih dahulu.

“Masyarakat harus berhati-hati dengan modus penipuan pesan Watshapp yang meminta uang, donasi atau sebagainya,” pungkasnya

Adapun pesan Watshapp yang dikirimkan oleh oknum yang mengaku sebagai Gus Barra, sebagai berikut:

Assalamualaikum. wr wb

Sebelumnya saya perkenalkan saya dengan bpk Muhammad Al Barra selaku wakil bupati mojokerto, saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan pondok pesantren, apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *