Flora Duffy Sumbangkan Medali Emas Kali Pertama Untuk Negara Terkecil ‘Bermuda’

Indo Sport230 Views

Indonewsdaily.com – Flora Duffy yang telah berhasil meraih medali emas di cabang triathlon putri Olimpiade Tokyo 2020. Ini merupakan sebuah medali pertama bagi negara Bermuda setelah 45 tahun lamanya.

Negara dengan populasi tak lebih dari 65 ribu penduduk, Bermuda yang terletak di bagian utara Samudera Atlantik mereka sudah aktif berpartisipasi di ajang Olimpiade sejak edisi 1936 di yang diadakan di Berlin. Namun sepanjang sejarah mereka, seringkali mereka hanya menjadi partisipan.

Dengan jumlah kontingen yang tidak pernah lebih dari 20 orang di setiap event empat tahunan tersebut, peluang Bermuda untuk meraih medali memang terbilang sangat kecil. Medali pertama baru berhasil digenggam oleh mereka pada ajang Olimpiade Montreal 1976.

Saat itu, Clarence Hill yang tengah turun di kelas cabang tinju kelas berat berhasil meraih medali perunggu. Setelahnya, mereka selama ajang ini digelar mereka harus merasakan puasa medali.

Barulah di ajang Olimpiade Tokyo 2020, koleksi medali ini telah kembali bertambah untuk negara tersebut. Padahal, Bermuda yang saat ini hanya menurunkan dua atlet saja di event kali ini (triathlon dan dayung), paling sedikit sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di ajang olimpiade.

Lewat cabang triathlon yang telah berlangsung di Odaiba Marine Park, di hari Selasa (27/7/2021), Duffy yang saat itu berhasil menjadi yang paling terdepan usai berhasil menuntaskan renang sejauh 1,5 km, bersepeda sejauh 40 km, dan lari sejauh 10 km dalam waktu kurang dua jam, tepatnya 1 jam 55 menit 36 detik.

Ia bahkan telah unggul 1 menit 14 detik atas Georgia Taylor-Brown dari Britania Raya yang berhasil meraih perak. Adapun raihan medali perunggu berhasil diraih oleh Katie Zaferes (Amerika Serikat) yang telah mencatat waktu 1 jam 57 menit 3 detik.

Keberhasilan Duffy ini telah menjadikan Bermuda saat ini sebagai negara dengan populasi terkecil yang telah berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade. Selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *