Ini Alasan Piala Eropa Tetap 2020 Bukan 2021

Sumber foto bolasport

Indonewsdaily.com – Piala Eropa 2020 yang tidak berubah nama meski dihelatnya di tahun 2021. UEFA yang punya penjelasan untuk keputusannya ini.

Piala Eropa 2020 yang sejatinya dihelat tanggal 12 Juni hingga 12 Juli tahun lalu. Tapi, karena masalah pandemi virus corona membuat turnamen itu harus tertunda selama setahun, seperti halnya juga ajang Copa America dan Piala Afrika yang harus tertunda.

Setelah menunggu setahun, Piala Eropa yang tinggal berjarak sehari lagi dari kickoff pada hari Jumat (11/6) malam WIB waktu setempat atau di hari Sabtu (12/6) dini hari WIB. UEFA yang kali ini memang sempat galau terkait nama turnamen tersebut, apakah akan berubah menjadi Euro 2021 atau tetap Euro 2020.

Pasalnya ajang Copa America saja berubah nama menjadi Copa America 2021 karena mereka dihelat tahun ini. Sementara itu, Piala Eropa 2020 yang seharusnya dijadikan ajang perayaan 60 tahun ajang empat tahunan ini.

Maka dari itu pihak UEFA untuk tahun ini akan merayakannya dengan spesial, yakni ada 11 tuan rumah yang berbeda dengan Rumania dan Azerbaijan sebagai dua negara yang timnasnya tidak akan tampil di putaran final.

Menurut pihak UEFA, nama Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 akan tetap dipertahankan demi menjaga orisinalitas turnamen tersebut.

“Keputusan ini telah memungkinkan pihak UEFA untuk mempertahankan visi dari turnamen yaitu untuk merayakan peringatan 60 tahun Piala Eropa (1960 – 2020),” ujar pernyataan resmi UEFA.

“Lebih jauh lagi, ini akan membantu seluruh pihak di sepakbola untuk mengingat perjuangan bersama menghadapi pandemi COVID-19. Tahun 2020 adalah masa-masa sulit yang harus bisa dilalui oleh Eropa dan dunia.”

“Pilihan tersebut juga telah sejalan dengan komitmen dari UEFA untuk membuat UEFA EURO 2020 yang akan berkelanjutan dan tidak menghasilkan jumlah limbah tambahan untuk sekitar. Banyak barang bermerek yang telah diproduksi sebelum ajang ini akhirnya resmi ditunda tahun kemarin. Pergantian nama jelas mengharuskan kami akan melakukan produksi kembali secara besar-besaran.”

Untuk pertandingan pembuka tahun ini adalah Italia yang akan menghadapi Turki di Stadion Olimpico, Roma besok. Bagi para penikmat sepakbola di Tanah Air tidak perlu kebingungan untuk menontonnya.

Sebab, seperti edisi sebelumnya, stasiun TV berbayar maupun non-berbayar lokal juga akan menayangkannya secara live. Untuk edisi kali ini, RCTI dan MNC TV untuk tv terestrial, sementara non-terestrial bisa ditonton di MNC Vision Network seperti MNC Vision, K-Vision, dan MNC Play.

Untuk TV berbayar, fans juga bisa menonton pertandingan secara full 51 pertandingan dari 11 negara tanpa adanya iklan. Beda halnya di tv yang non-berbayar hanya akan mendapat jatah sekitar 35 pertandingan saja. Selain itu ada juga pihak Mola TV yang menyiarkannya secara OTT (Over the Top) dan IPTV (Internet Protocol).

Bagi MNC sendiri, ini adalah cara mereka untuk ikut memeriahkan perayaan enam dekade Piala Eropa sekaligus telah memberikan hiburan untuk para penggila bola yang ada di seluruh Indonesia di saat masa pandemi.

“Ini adalah cara kami untuk memberikan hiburan kepada semua penikmat sepakbola di Tanah Air. Euro 2020 bisa jadi alternatif hiburan untuk masyarakat di tengah masa pandemi virus corona,” ujar Director of Non OTT Product Marketing Subscriber Management MNC Vision Networks, Aditya Widyansari, dalam jumpa pers virtual, pada hari Kamis (10/6/2021) sore WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *