Lindungi Anak-anak, Eri Targetkan Vaksinasi Anak Selesai Dalam Satu Minggu

Jawa Timur223 Views

Indonewsdaily.com, Surabaya- Untuk melindungi anak-anak dari bahaya terinfeksi Covid-19, Pemerintah Kota Surabaya menggelar kegiatan vaksinasi massal khusus untuk pelajar SD-SMP usia 12 tahun di Stadion Gelora 10 November, Minggu (11/7/2021). Total lebih dari 20 ribu pelajar di Kota Surabaya telah mendapatkan vaksin tahap pertama pada hari ini.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar hari ini menyasar sekitar 20 ribu pelajar, Dirinya menyebut, puluhan ribu pelajar itu tidak perlu antri sebab telah dikoordinir oleh masing-masing sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Seperti yang kita lihat, tidak ada pelajar yang antri. Jadi masuk, isi formulir, menuju meja skrining, kemudian suntik. Buktinya, ini sampai kosong tidak terjadi penumpukan,” ungkap Eri Cahyadi, Senin (12/7/2021).

Vaksinasi ini merupakan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya, para siswa yang tiba di lokasi langsung diskrining dan tidak lama kemudian mereka langsung disuntik vaksin, sehingga tidak kerumunan sama sekali pada saat vaksinasi massal itu.

Hal itu bisa terjadi karena para pelajar ini sudah dijadwal dan datang sesuai jadwal yang ditentukan. Ia mencontohkan, setiap sekolah sudah diatur jadwal oleh Dispendik. Seperti misalnya sekolah A, mereka dijadwalkan vaksin pukul 07.00-08.00 Wib. Dengan demikian, tidak ada lagi peserta yang antre atau menunggu lama untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Sehingga pola seperti ini lah yang akan kita jadikan contoh. Insyallah setelah vaksin datang semua, maka alur seperti ini yang akan kita gunakan. Lokasinya tetap di G10N,” ungkapnya.

Selain itu, mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya mengungkapkan, saat ini Pemkot tengah mengajukan tambahan dosis vaksin sekitar 1 jutaan kepada Kementerian Kesehatan. Sebagai rangkaian kegiatan vaksinasi pada anak berusia 12-18 tahun dan warga berusia diatas 18 tahun. Hal ini penting dilakukan agar mempercepat mencapai herd imunity bagi anak-anak.

“Dan ada perasaan yakin dari mereka. Jadi kita upayakan selesaikan dulu untuk yang SD-SD lalu SMA. Nanti kita koordinasi dengan pemerintah provinsi untuk SMA yang posisinya adalah warga Surabaya,” jelasnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Surabaya secara rata-rata harian, dapat merampungkan 30–40 ribu sasaran vaksinasi per hari. Dari total angka tersebut, Eri menargetkan vaksinasi untuk para pelajar akan rampung dalam waktu satu minggu.

“Mudah-mudahan kita doa bersama agar jumlah vaksin yang datang lebih banyak. Supaya lebih cepat kita distribusikan. Kalau pelajar totalnya kurang lebih sekitar 350 ribu anak, itu dari SD-SMA,” terang pria yang akrab disapa Cak Eri itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *