Pirelli Dapat Lampu Hijau Dari FIA Terkait Pengembangan Ban Belakang Baru

Indo Sport230 Views

Indonewsdaily.com – Dalam pertemuan di World Motor Sport Council, yang terjadi di hari Kamis (8/7/2021) lalu, FIA telah mengkonfirmasi dan mengizinkan untuk digunakannya ban belakang baru dari merk Pirelli.

Ban tersebut bahkan sudah mulai bisa dipakai pada gelaran Grand Prix Inggris, balapan yang ke-10 Kejuaraan Dunia Formula 1 2021, yang akan dilangsungkan di Sirkuit Silverstone pada tanggal 16-18 Juli mendatang.

“World Motor Sport Council yang telah menyetujui diturunkannya ban belakang dengan konstruksi baru untuk sisa balapan Formula 1 musim 2021,” demikian pernyataan tertulis FIA.

Keputusan pabrikan ban asal negara Italia tersebut tidak lepas dari terjadinya insiden pecah ban belakang yang telah dialami oleh Lance Stroll (Aston Martin Cognizant-Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull Racing-Honda) saat berlangsungnya lomba GP Azerbaijan di Baku City Circuit, tanggal 6 Juni lalu.

Saat itu, Pirelli yang telah dituding menjadi biang kerok dari insiden tersebut. Mereka yang saat itu semakin terlihat terpojok karena saat itu Verstappen yang sedang memimpin sangat jauh, ternyata juga mengalami pecah ban bahkan enam lap sebelum bendera finis dikibarkan.

Pirelli pun langsung melakukan penyelidikan demi untuk menjaga reputasi mereka. Hasilnya, tidak ditemui masalah yang serius pada konstruksi ban belakang.

Mereka telah menduga ada perlakuan yang salah pada ban dan kru Stroll dan Verstappen juga tidak mengindahkan instruksi yang diberikan oleh pihak Pirelli, terkait tekanan ban.

Kendati dengan demikian, Pirelli tetap melakukan pengembangan pada ban belakang mereka. Bulan lalu, Pirelli yang telah mengumumkan sudah berhasil mengembangkan ban belakang dengan struktur dan kompon yang lebih kuat dan awet untuk menerima tekanan.

Ban tersebut bahkan sudah diuji di sesi latihan bebas kedua F1 GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, pada akhir pekan lalu. Saat itu, seluruh pembalap yang telah mendapatkan dua set ban belakang C4 tanpa tanda garis (merah/soft, kuning/medium, atau putih/hard).   

Hasilnya, Pirelli saat ini merasa puas dengan hasil tesnya. Para pembalap juga hanya memberikan banyak masukan sedikit dan tanpa melayangkan kritikan.

“Kami yang telah menguji prototipe ban belakang baru dari Pirelli hari ini dan hasilnya terlihat bagus,”ucap Verstappen setelah sesi latihan bebas di gelaran GP Austria, Jumat pekan lalu.

“Saya kira, ban belakang ini tidak akan jauh berbeda dengan varian sebelumnya,” kata Lando Norris, pembalap McLaren-Mercedes yang telah ikut menguji ban belakang baru Pirelli ini.

“Tim akan tetap terus menganalisis semuanya dan akan lebih memperhatikan benar data hasil tes ini. Sebagai pembalap, saya hanya akan merasakan sedikit perbedaan.”

Setelah tes tersebut sukses, bos Pirelli Motorsport Mario Isola telah menyebut tidak akan ada alasan untuk tidak menurunkan ban belakang baru ini di Sirkuit Silverstone. Namun, pihaknya saat itu memang masih menunggu persetujuan dari FIA untuk perihal pengembangan ban baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *