Mahasiswa Arsitektur ITN Malang Juara 1 Rendering Acsent Udayana

Indonewsdaily.com, MALANG – Dua mahasiswa Arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang juara pertama Architecture Rendering Competition Acsent. Berkat konsep desa wisata nusantara budaya Bali mengantarkan mereka menyabet juara. Lomba dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana Bali lewat Instagram mulai April 2021 dan diumumkan pada Minggu (20/6/2021) kemarin.

Kedua mahasiswa yang mengharumkan nama ITN Malang ini adalah Maksimilianus Jata dan Alessandro Pareira Saputra Wula. Mereka berasal dari Ende, Nusa Tenggara Timur ini mengangkat konsep “Desain Desa Wisata Nusantara – Destinasi Wisata Nusantara dengan Kebudayaan Bali”. Dengan mengembangkan obyek wisata rumah tinggal bergaya tradisional.

Dikatakan Maksimilianus Jata, peserta diberi tantangan membuat desain 3D modelling dasar sebagai acuan rancangan desain. Peserta diminta untuk merender objek, mengeksplorasi dan berkreasi dalam menentukan material, lighting, dengan tema yang sudah ditentukan.

Rendering difokuskan pada eksterior objek dengan skala kawasan (Desa Wisata Nusantara) secara keseluruhan, dan interior bangunan yang didesain secara bebas yang disesuaikan dengan kondisi new normal.

“Disini kami banyak sekali merubah material bangunan, interior, dan memperbaiki modeling 3 dimensi. Dengan konsep rendering menceritakan mengenai pentingnya mempertahankan warisan budaya jati diri bangsa,” tutur Max, Rabu (23/6/2021).

Karya mahasiswa ITN Malang ini disajikan dalam bentuk video animasi berdurasi 3 menit dan panel poster. Menceritakan desa wisata nusantara yang berada di Pulau Bali sebagai destinasi wisata dengan tema nusantara, serta memberikan pola massa yang baik dan lega.

Hasil karya kedua mahasiswa tersebut, diharapkan mampu menghadirkan pengalaman berwisata, dengan tidak mengurangi nilai luhur yang dipresentasikan melalui corak dan arsitektur nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *