Pemkot Mojokerto Siapkan Program Pelatihan untuk Lulusan SMK

 

Foto: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Amin Wachid

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Kota Mojokerto menyiapkan berbagai program pelatihan bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program pelatihan ditujukan kepada lulusan SMK lantaran sekolah kejuruan yang didesain untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

“Untuk itu Kota Mojokerto memiliki berbagai program yang dapat kalian manfaatkan sebagai bekal untuk siap bersaing di dunia kerja,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Amin Wachid, menyampaikan pesan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat apel pagi, Senin (1/8/2022).

Dikatakannya, bahwa para siswa-siswi dapat mengakses berbagai pelayanan ketenagakerjaan dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPNAKER) baik secara terbuka melalui konsultasi di lingkungan sekolah, atau secara online melalui website maupun media sosial DPMPTSP-NAKER dan Pemerintah Kota Mojokerto.

ā€œPemerintah Kota Mojokerto memiliki program khusus yang dapat dimanfaatkan oleh siswa/siswi SMK. Di antaranya Bursa Kerja Khusus (BKK), penyaluran tenaga kerja ke luar negeri utamanya ke Jepang, Job fair dan Pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi,ā€ lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain program ketenagakerjaan, Pemerintah Kota Mojokerto juga memfasilitasi beasiswa bagi siswa/siswi lulusan SMK yang berminat melanjutkan pendidikan di universitas.

“Bagi siswa yang belum berminat untuk bekerja, dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di universitas, Pemerintah Kota Mojokerto memiliki program Beasiswa Satu Rumah Satu Sarjana yang bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum CSR Kota Mojokerto,” ujarnya.

Masih dalam program pelatihan, Pemerintah Kota Mojokerto juga akan menyediakan pendampingan koperasi dengan bidang Koperasi Serba Usaha (KSU) yang menyediakan kebutuhan siswa di sekolah, yang dikelola oleh siswa, dari siswa, dan untuk siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *