Piala AFC Zona ASEAN Resmi Dibatalkan

Indo Sport262 Views

Piala AFC 2021 Zona ASEAN yang telah resmi diumumkan batal oleh AFC pada hari Senin (7/7/2021). Bali United dan Persipura Jayapura pun akhirnya gagal tampil.

“Hari ini AFC yang telah mengkonfirmasi bahwa semua pertandingan Piala AFC 2021 Zona ASEAN, yang terdiri dari Grup G, H, dan I, hingga babak playoff, ditunda karena situasi pandemi yang tak kunjung selesai, sehingga masih kesulitan mencari tuan rumah buat laga sentralisasi,” tulis pernyataan AFC.

Kabar ini sekaligus telah menjadi berita buruk yang kesekian kalinya buat sepakbola Indonesia. Di tengah kompetisi domestik yang juga tidak kunjung dimulai, harapan melihat dua wakil Indonesia, Bali United dan dan Persipura Jayapura, di pentas Asia saat ini  juga urung terlaksana.

Bagi Bali United, malahan ini telah menjadi kali kedua kali mereka telah gagal mentas di ajang Piala AFC dalam dua musim berturut-turut. Kiprah mereka di ajang yang sama pada musim 2020 telah berakhir prematur karena ajang Piala AFC telah dihentikan di tengah turnamen.

Konfirmasi itu juga sekaligus menjadi pembaruan informasi mengingat sehari sebelumnya, di hari Selasa (6/7), Sekjen AFC telah menyebut Piala AFC Zona ASEAN masih belum resmi dibatalkan. Tapi sejak Senin (5/7) spekulasi memang sudah berhembus kuat terkait nasib ajang ini dan partisipasi Bali United dan Persipura Jayapura di dalamnya.

Sementara itu, pembatalan Piala AFC musim ini yang hanya berlaku untuk Zona ASEAN saja di Empat zona lainnya yakni di Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Selatan, tetap digelar.

Sebenarnya Zona Asia Selatan juga punya masalah yang sama dengan Zona ASEAN saat ini, yakni mereka masih belum menunjuk siapakah yang akan menjadi tuan rumah. Selebihnya, grup-grup dari Zona Asia Barat, Tengah, dan Timur sudah menjalankan fase grup lebih dulu. Beberapa di antaranya bahkan telah menyelesaikan babak fase grup.

“Sebagai bagian dari Komitmen AFC untuk segera menyelesaikan Piala AFC 2021 dan sebagaimana yang telah disetujui oleh Komite Eksekutif AFC pada tanggal 5 Juli 2021, pertandingan dan grup Piala AFC 2021 yang ada di seluruh Zona yang telah tersisa akan terus mempertahankan struktur keseluruhan kompetisi, dengan mempertimbangkan format yang ada serta masalah ketersediaan host yang terpusat di setiap zona,” begitu pernyataan AFC soal kelanjutan Piala AFC.

“Usaha (AFC) saat ini adalah tentang finalisasi tuan rumah sentralisasi untuk adakan  pertandingan Piala AFC Zona Asia Selatan,” lanjut pernyataan AFC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *