Tempat Penyulingan Minyak Tradisional Dilalap Si Jago Merah

Jawa Timur237 Views

Indonewsdaily.com, Bojonegoro- Sebuah tempat penyulingan minyak tradisional di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan terbakar hebat. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Informasi yang didapat, si jago merah mulai melalap bangunan sekitar pukul 08.00 WIB. Kobaran api membumbung tinggi, membuat warga kalang kabut, mereka berusaha menyelamatkan diri dari kobaran api.

Beberapa pekerja yang melihat minyak hasil penyulingan terbakar langsung meminta bantuan rekan-rekannya. Mereka berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sambil menunggu bantuan dari pemadam kebakaran yang telah dihubungi pihak pemdes setempat.

Pengolahan dan penyulingan minyak mentah dengan cara tradisional tersebut, menurut warga, milik Nasrudin (45) warga Dusun Kemoro RT 002 RW 001, Desa Mergoasri, Kecamatan Parengan, Tuban.

Dua truk pemadam kebakaran dari Pemkab Bojonegoro yang tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan api, yang telah menjalar ke beberapa tangki penimbunan minyak dan rumah yang setiap hari digunakan untuk kerja.

“Total kerugian sekitar Rp 100 juta, ada 2 alat listrik tenaga Surya, satu rumah dan 10 drum minyak masak yang masing-masing berisi 1.000 liter dan satu drum minyak mentah yang ludes terbakar,” ujar Nasrudin, Minggu (18/7/2021).

Kebakaran tempat penyulingan minyak itu terjadi karena minyak yang sedang disuling menetes ke tungku api pembakaran minyak. Kepala Damkar Kabupaten Bojonegoro, Gunawan mengatakan kebakaran tersebut padam sekitar pukul 10.30 WIB.

“Sudah padam saat ini. Tadi kita datangkan dua unit pemadam. Dibantu dari TNI, Polisi dan warga. Dari hasil laporan dugaan karena minyak menetes ke api pembakaran,” ujar Gunawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *