Tolak Galian C, Sosialisasi Tambang Galian di Seketi Gondang Berujung Kisruh

Jawa Timur229 Views

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Sosialisasi akan dibukanya tambang galian C di dusun Seketi, Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Mojokerto berakhir ricuh. Sosialisasi yang difasilitasi kepala dusun itu tegang, warga tetap bersikukuh menolak wilayah desanya dijadikan lokasi tambang yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

 

“Warga yang komitmen menolak terus dibujuk mantan kepala desa pak Nanang agar bersedia menerima aktivitas galian. Akhirnya kisruh dan warga menyuruh pak Nanang pergi,” ujar salah satu warga Seketi, Kamis (27/5/2021).

 

 

Sementara itu, Kepala Desa Jatidukuh, Zaenal Arifin membenarkan adanya sosialisasi galian C yang berujung ricuh di Dusun Seketi. Pemilik tambang yakni Oki Sambada, akan menambang di dusun Seketi menyuruh orang lain untuk melakukan sosialisasi.

 

“Warga menolak adanya galian c yang akan masuk,” kata Aripin, Kepala Desa Jatidukuh.

 

Lebih lanjut Aripin mengatakan sosialisasi yang dilakukan kepala dusun itu tanpa sepengetahuan pihak Desa.

 

“Saya sebelumnya tidak tahu kejadian tersebut, soalnya saya tidak diundang, saya tidak ikut rapatnya,” ujarnya.

 

Sebelumnya, lanjutnya ia hanya mendapatkan laporan adanya pengumpulan warga dusun untuk membahas juru kunci makam. Namun, dalam prosesnya melebar ke sosialisasi galian C.

 

“Itu urusan polo (kepala dusun,red). Awalnya yang saya dengar mau bahas juru kunci makam, ndak taunya bahas galian batu,” pungkasnya.(man)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *