Sarang Tawon Vespa Berukuran Besar Dievakusi dari Rumah Kos di Mojokerto

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Penghuni rumah kos yang ada di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, resah setiap saat dengan keberadaan sarang tawon vespa di atap rumah, tepat di atas jalan masuk rumah kos.

Sarang tawon yang memiliki ukuran 2 kali lipat dari bola voli itu akhirnya dievakuasi oleh Petugas Pedaman Kebakaran BPBD Kabupaten Mojokerto pada Rabu (22/9/2021) sore. Besarnya sarang tawon sempat membuat petugas kesulitan, sebab karung yang digunakan untuk membungkus sarang tersebut kurang besar.

Pemilik kos, Zainab, mengatakan, sarang tawon awalnya kecil, ukurannya sekepal tangan orang dewasa. Namun saat itu hanya dibiarkan saja karena tak mengganggu.

Tetapi, lama-kelamaan banyak tawon masuk ke dalam rumah seperti mengikuti pemilik rumah. Saat dilihat terakhir, ukuran sarang semakin besar, sehingga membuat resah penghuni rumah dan kos.

“Awalnya masuk tawon besar. Setelah itu keluar. Besoknya, masuk lagi besar. Saya juga takut. Lama-kelamaan semakin besar. Jadi saat bapaknya sakit dibiarkan saja, sehingga semakin besar dan tambah takut,” katanya.

Koordinator BPBD Kabupaten Mojokerto Sukamto mengatakan, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, sudah tujuh sarang tawon vespa yang dievakuasi. “Lagi musim kembang biak sekarang ini, maka itu kita sering dapat laporan dari warga ada sarang tawon. Saya mohon warga segera melapor kalau menemukan, biar tidak membahayakan,” katanya.

Menurut Sukamto, tawon jenis itu tak hanya membuat sarang di pohon namun kadang juga di rumah-rumah warga yang dirasa tenang dan jauh dari keramaian.

“Sukanya di ketinggian, seperti yang barusan kita evakuasi ini. Posisinya di atap rumah warga yang jauh dari aktivitas warga,” ucap Sukamto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *