Webinar Nasional DPD KNPI DIY, Dr. Ahmad Basarah: Pemuda Harus Konkrit Bergerak Bantu Pemerintah

Indonewsdaily.com, DIY – Dalam rangka HUT Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke-48, DPD KNPI DIY menggelar webinar nasional dengan mengangkat tema “Sinergi Pemerintah dan Pemuda Dalam Penanganan Pandemi yang diselenggarakan pada Minggu, 25 Juli 2021 dengan mengundang beberapa narasumber yaitu Dr. Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR RI) sebagai Keynote Speaker, Joune J.E, Ganda, S.E (Bupati Minahasa Utara), Fitroh Nurwijoyo Legowo (Ketua DPD KNPI DIY), Prof. Purwo Santoso (Guru Besar Ilmu Politik UGM), dan Wahyu Minarno (Peneliti Charta Politika Indonesia).

Dr. Ahmad Basarah mengawali pemaparannya sebagai Keynote Speaker menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas aksi konkrit DPP KNPI Pimpinan Haris Pertama beserta jajarannya dalam membantu pemerintah Republik Indonesia menangani Pandemi Covid-19.

“Peran pemuda sangat sentral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. KNPI harus menjadi salah satu kawah candradimuka bagi pemuda-pemudi di Indonesia untuk mengamalkan Pancasila. Maka Saya yakin, generasi pemuda hari ini mampu menjadi generasi penerus bangsa dengan berbagai dinamikanya,” jelasnya Minggu (25/7).

Apalagi dalam perjalanan bangsa Indonesia, Basarah menekankan banyak tokoh pemuda yang sudah berperan dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan Indonesia, mulai dari Bung Karno yang menjadi Ketua PNI di Usia 26 tahun, Mohammad Hatta menjadi Ketua Perhimpunan Indonesia di usia 24 tahun, KH. Wahid Hasyim menjadi anggota BPUPK usia 31 tahun, sampai Sutan Sjahrir yang menjadi Perdana Menteri usia 36 tahun.

“Dalam menghadapi pandemi covid-19 harus ada gotong royong dari berbagai elemen masyarakat, termasuk pemuda. Semua lapisan masyarakat terutama dari kalangan tokoh dan aktor politik, harus kompak bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tegas Basarah yang juga merupakan Ketua Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *