BPD Se-kecamatan Bumiaji Diskusi Pengelolaan Wahana Wisata Hutan di Jogjakarta

Indonewsdaily.com, Jogjakarta – Letak topografi Kota Batu yang menyerupai Kelurahan Mangunan Kabupaten Bantul Jogjakarta meliputi tujuh puluh persen persen penyangga hutan menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan diskusi dengan pengelola koperasi Notowono Mangunan Jogjakarta dalam hal manajemen pengelolaan Wana Wisata Hutan Pinus (02/07/2022).

Ketua Asosiasi Badan Permusyawatan Desa (BPD) se Kecamatan Bumiaji Heru Setya Aji mengatakan kunjungan ke Koperasi Jasa Notowono ini sengaja dilakukan bersama seluruh BPD se Kecamatan Bumiaji untuk diskusi mengenai management pengelolaan hutan wisata. Terlebih lagi peran serta BPD dan Pemerintah Desa sangat strategis dalam pengembangan perhutanan sosial untuk dijadikan hutan wisata melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Diakusi dan sharing mengenai pengelolaan hutan wisata. Sekaligus management pengelolaan nya.” terangnya.

Belum terkelolanya secara maksimal pemanfaatan hutan oleh masyarakat, lanjutnya juga menjadi alasan kuat dilaksanakan diskusi ini. Masyarakat nantinya bisa mengelola hutan menjadi wana wisata dengan management yang tepat. Apalagi Kota Batu sedang giat giatnya membangun sektor wisata.

“Dari segi bentangan lahan hutan yang ada di wilayah bumiaji sangat potensi untuk destinasi wisata alam. Di dukung dengan udaranya yang sejuk , kami yakin jika di kelola secara baik dan benar akan menambah pendapatan secara ekonomi bagi masyarakat ” terang Heru.

Sementara itu pengelola Koperasi Jasa Notowono Mangunan Jogjakarta, Ipung dalam paparanya menyampaikan jika dalam pengelolaan hutan di butuhkan kerja keras bersama seluruh masyarakat. Koperasi Jasa Noto Wono saat ini membawahi tujuh destinasi wisata yang memanfaatkan kawasan hutan pinus dan hutan lindung, disulap menjadi destinasi wisata alam.

Buah dari kerja keras membangun hutan menjadi wana wisata menarik perhatian mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada saat berkunjung ke Indonesia.

“Merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa kawasan hutan wisata dibawah management Koperasi Jasa Noto Wono dikunjungj Mantan Presiden Amika Serikat Barack Obama tahun 2017 silam”. Tuturnya ( *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *