Diknas Wilayah VIII Jateng, Dukung Program Literasi Digital Kemkominfo RI

Jawa Tengah469 Views

Indonewsdaily.com, Magelang – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Nikmah Nurbiaty mendukung pelaksanaan program Literasi Digital dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dimana program tersebut mengajak masyarakat untuk belajar melalui sistem teknologi informasi digital, ditengah pandemi Covid-19.

Termasuk dalam dunia pendidikan terjadi perubahan cara belajar, yaitu melalui online atau dalam jaringan (daring), selama belum dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Pandemi Covid 19, tidak menjadi penghalang untuk tetap belajar, salah satunya melalui program Literasi Digital, dimana program Kementrian Komunikasi dan Informatika, tersebut dilaksanakan serentak se Indonesia (nasional) hingga bulan Desember mendatang. Termasuk dilaksanakan di wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo dan Kota Magelang,” kata Nikmah Nurbiaty, saat diwawancarai ditempat kerjanya, Senin (13/7/2021).

Adapun sekolah setingkat SMA dibawah koordinasi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, yaitu 32 SMA Negeri dan 58 SMA Swasta.

“Sebanyak 90 sekolah dibawah koordinasi kami, sangat bisa memanfaatkan program Literasi Digital tersebut, karena materi atau tema yang disampaikan terdiri dari empat tema, yaitu digital ethic, digital skill, digital safety, dan digital culture. Dengan demikian Literasi Digital ini sangat bisa menjadi media sumber pengetahuan baru, bagi guru dan siswa serta masyarakat tentunya,” terangnya.

Gerakan Nasional Literasi Digital secara teknis dilaksanakan melalui zoom meeting dalam bentuk webinar, dimana pengguna internet tertinggi di Indonesia adalah pemuda baik siswa maupun Mahasiswa, dimana menurut survey kurang lebih 196,71 juta, pengguna internet di Indonesia.

“Oleh karenanya, saya mengajak seluruh tenaga pendidik baik SMA/SMK serta siswa siswi khususnya di Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo dan Kota Magelang aktif dan berpartisipasi dalam acara webinar yang dislenggarakan saat ini hingga bulan Desember 2021. Untuk informasi link registrasi, dan jadwal kegiatan bisa dilihat di Instagram Diskominfo masing-masing kabupaten kota, dan link registrasi juga kami share ke sekolah-sekolah,” pungkasnya. (cha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *