Pagelaran Seni Gejog Lesung Nglarasati; Wujud Cinta, Karsa dan Kasih Terhadap Kebudayaan Diselenggarakan di Desa Srumbung Kabupaten Magelang

Indonewsdaily.com, Magelang – Pagelaran seni Gejog Lesung Nglarasati diselenggarakan di Desa srumbung Minggu, 30/05/2021.

Gejog Lesung adalah pagelaran seni yang dilandaskan atas dasar rasa syukur terhadap kecukupan pangan dan pertanian. Sekaligus untuk mengenalkan kepada khalayak dalam usaha nguri-uri kebudayaan masyarakat. Gejog Lesung Nglarasati Srumbung diambil dari pemaknaan “Ngudi Larasing Rasa Amemetri Lestarining Bumi” yang berarti menemukan keselarasan rasa menjaga kelestarian bumi.

Kelompok ini terbentuk sejak Tahun 2015, diawali dari pembicaraan para petani yang merasakan keprihatinan terhadap kurangnya minat budaya masyarakat sekaligus demi mengenalkan pertanian organik kepada khalayak melalui seni.

Pertunjukan yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke 5 kelompok Gejog Lesung nglarasati ini mengusung tema “urip eling lan waspada” dan dihadiri oleh Romo Bambang Sutrisno sebagai narasumber, serta tamu undangan yang datang antara lain Perangkat Desa Srumbung, Lurah, Dukuh, Babinsa, Satgas Desa dan Jamaah Kopdariyah, serta masyarakat dan tokoh setempat. Adapun kegiatan ini direkam penuh serta di unggah melalui media kanal youtube di channel Tirta Kelapa ArtSpace.

“Gejog Lesung Nglarasati mengusung visi “Human Community” yang berati komunitas kemanusiaan yang menghimpun setiap perbedaan di dalam ruang kesenian, selain itu ini merupakan sarana aktivasi ruang dan “ngrabuk nyawa” atau mengolah daya hidup untuk lebih bahagia”. Ujar Agustinus Budiharto, ketua kelompok Gejog Lesung Nglarasati.

Awal mula gejog lesung nglarasati di inisiasi bersama dan dimotori oleh bapak Abdon Zennen beliau merupakan Art Director dalam kelompok, beliaulah yang melatih dan memberikan komposisi dalam kelompok gejog lesung ngalarasati di srumbung. Ilmu yang didapat ditularkan melalui pelatihan rutin, begitupun ada pendampingan pembelajaran dari kelompok gejog lesung di DIY yaitu kelompok Kendhali Roso, inilah yang membuat kemajuan dan kekompakkan dalam kelompok semakin baik.

Gejog lesung nglarasati juga telah mengikuti berbagai kegiatan dan event baik tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten. Pada Tahun 2017 Gejog lesung mewakili provinsi DIY mengikuti pagelaran seni pertunjukan rakyat yang diadakan di Palembang oleh Kominfo. Terakhir Gejog Lesung mendapatkan juara kedua pada pagelaran Seni tingkat Kabupaten Magelang, serta berbagai event lainnya telah diikuti oleh kelompok.

Mari lestarikan budaya sebagai wujud cinta, karsa dan kasih kita berbangsa. (SK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *