DPP KNPI Terjun Langsung Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama bersama rombongan pengurus DPP KNPI, dan DPD KNPI Jawa Timur saat memberikan bantuan paket sembakau kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12/2021).

Indonewsdaily.com, Lumajang – Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menyalurkan sejumlah bantuan dan fasilitas angkutan medis bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

Berangkat dari Jakarta dengan menggunakan Bus KNPI Turangga Seta, Ketua Umum Haris Pertama yang didampingi Ketua OKK bung Ucok bersama puluhan pengurus DPP KNPI terjun langsung ke lokasi terdampak erupsi pada Rabu (8/12/2021).

Rombongan DPP KNPI membawa paket bantuan untuk warga yang kini masih berada di lokasi pengungsian. Bantuan tersebut merupakan Program Taktis Tanggung jawab Sosial Pemuda. Jenis bantuan beberapa macam kebutuhan baik sembako hingga kebutuhan lainnya. Khusus paket sembako yang dibawa KNPI senilai total bantuan sebesar Rp50 juta.

Bus yang membawa rombangan DPP KNPI, Rabu (8/12/2021).

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemuda melalui DPP KNPI untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang,” ujar Haris Pertama Ketua Umum DPP KNPI, Rabu (8/12). Haris Pertama dan rekan-rekan hadir melihat langsung desa terdampak erupsi yang sudah kosong dan porak poranda ditinggalkan penghuninya, seperti di dsn Kajar Kuning, desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

Sebelumnya, DPP KNPI telah menurunkan unit Ambulans standard medan offroad 4×4 ke Lumajang. Bantuan penggunaan 1 unit Ambulance DPP KNPI guna mempercepat bantuan evakuasi baik pada korban meninggal maupun yang memerlukan bantuan medis masyarakat di wilayah lereng Semeru untuk sementara waktu.

Mobil ambulan DPP KNPI yang dikirimkan untuk membantu evakuasi korban erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12/2021).

Kemudian rincian paket sembako yang diberikan berupa Beras 1,5 Ton, Masker 6000 pcs, Mie Instan, Popok anak dan dewasa, Telur Ayam, dan Air Mineral untuk para korban erupsi yang membutuhkan selama masa penanggulangan bencana. Paket bantuan tersebut diangkut dengan menggunakam Bus KNPI, mobil operasional DPP KNPI dan kendaraan milik pengurus DPD KNPI Jawa Timur.

Dalam penyaluran bantuan ini, DPP KNPI berkolaborasi dengan DPD KNPI Jawa Timur, tim lapangan dari unsur masyarakat setempat dan relawan unsur OKP seperti Satgas Bencana Banteng Muda Indonesia Kota Malang Jawa Timur. KNPI juga berkoordinasi dengan para stake holder yang bertanggung jawab pada aspek keamanan dan keselamatan di titik utama yang terdampak bencana.

Bantuan sosial DPP KNPI merupakan bantuan Tahap 1 dan selanjutnya pemberian serta penyerahan bantuan akan dilakukan kembali menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana. Posko kolaborasi DPP KNPI masih terus dibuka di atas Desa Candipuro, Lumajang. DPP KNPI menempatkan beberapa relawan asal KNPI Jatim yang bertahan di Posko Semeru.

Pembagian sembakau yang dilakukan oleh DPP KNPI kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12/2021).

“Kami berupaya memberikan bantuan secara bertahap dalam rangka percepatan pemulihan bencana di kawasan tersebut,” kata Himawan Probo Pamungkas, Ketua karateker DPD KNPI Jawa Timur.

Sementara itu, warga pengungsi dan yang terdampak erupsi Semeru merasa sangat terbantu dengan fasilitas dan bantuan dari DPP KNPI. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *