Ikan Mas Raksasa Ditemukan Selamat Pasca Erupsi Semeru, Mitos Penjaga Ranu Kumbolo Terbukti ?

Indonewsdaily.com, Lumajang – Warga net dikejutkan adanya seekor ikan mas raksasa yang masih hidup ditengah puing puing yang tenggelam oleh abu lahar vukanik gunung Semeru pasca erupsi.

Kabar ini datang dari akun Instagram @khofifah.ip, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan sebuah foto seekor ikan mas yang sedang dibawa seseorang.

Seorang pria bersongkok hitam dan berkaos hijau sedang membopong seekor ikan mas raksasa layaknya sebuah bayi digendong.

“Padahal, rmah-rumah di Kampung Renteng, Lumajang tempat ikan mas ini diketemukan, semuanya hampir tertutup abu vulkanik,” tulis Khofifah, Kamis 9 Desember 2021.

Penemuan ikan mas raksasa dalam kondisi hidup dan memiliki ukuran jumbo sebesar bayi yang digendong orang dewasa, kira-kira beratnya sekitar 5 kiloan .Sontak membuat tim penyisir dan relawan kaget. Selain karena ukurannya yang cukup besar, ikan mas ini juga selamat dari terjangan lahar

Konon, Danau Ranu Kumbolo yang berada di atas Gunung Semeru memiliki penunggu berupa ikan mas yang merupakan titisan dari seorang dewi. Apakah adanya ikan mas ini membuktikan mitos tersebut?

Mengenai ikan mas raksasa yang ditemukan ini merupakan ikan penunggu Ranu Kumbolo, belum ada keterangan yang menyatakan demikian.

Sebab sama sekali tidak ada yang mengetahui asal usul ikan mas raksasa yang ditemukan ini, pun belum ada yang mengaku sebagai pemiliknya.

Namun masyarakat meyakini bahwa Gunung Semeru memiliki beberapa mitos yang kuat dipercaya sampai saat ini, salah satunya penunggu Ranu Kumbolo.

Berikut beberapa mitos Gunung Semeru yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat setempat.

1. Gunung Semeru sebagai paku Pulau Jawa

Konon masyarakat percaya bahwa Gunung Semeru merupakan paku Pulau Jawa dan Mahameru sebagai puncaknya tempat peninggalan para dewa.

2. Tanjakan Cinta

Konon jika ada orang yang punya masalah asmara, melalui tanjakan ini tanpa berhenti dan tanpa menoleh belakang, maka urusan cintanya akan dipermudah.

3. Ikan Mas penunggu Ranu Kumbolo

Konon ikan mas ini merupakan titisan dewi yang memiliki tugas menjaga danau suci Ranu Kumbolo yang berada di tengah Gunung Semeru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *