Episode Drama Penthouse 3 Tuai Kontroversi, Dianggap Rasis

Indonewsdaily.com – Drama The Penthouse 3 baru saja menayangkan episode terbarunya pada Sabtu (12/6). Namun, hadirnya salah satu tokoh terbaru dalam drama ini membuatnya dinilai rasis.

Alex, nama dari karakter baru yang diperkenalkan di drama The Penthouse musim ketiga. Ia dikisahkan adalah seseorang yang berasal dari Amerika Serikat.

Dalam penampilannya, Park Eun Seok, yaitu pemeran sosok Alex, terlihat tampil dengan rambut dreadlock (gimbal) dengan memiliki aksen bicara seperti AAVE (African American Vernacular English). Kedua hal tersebut yang dianggap telah sangat menyinggung dan tidak pantas.

Tidak lama setelah episode tersebut ditayangkan, para penonton pun mengungkapkan mengenai kekecewaannya terhadap drama The Penthouse 3. Tidak terkecuali juga Park Eun Seok sendiri yang diketahui sempat tinggal di New York selama 15 tahun sebelum akhirnya kembali ke Korea Selatan.

Kontroversi tersebut juga telah sampai di telinga Park Eun Seok. Tidak lama kemudian, ia pun langsung meminta maaf lewat sebuah pernyataan yang ditulisnya di TikTok.

“Mengenai karakter Alex di drama Penthouse, aku ingin semua orang mengetahui bahwa tidak ada satu pun penampilan dalam karakter Alex yang dimaksudkan dengan sengaja untuk menyakiti, mengejek, tidak menghormati, atau pun untuk mengecilkan hati komunitas Asia-Amerika,” tulis Park Eun Seok.

“Aku ingin meminta maaf kepada mereka yang telah tersinggung dengan penampilan dari karakter tersebut. Penampilan tersebut adalah sebuah kekaguman terhadap budaya, alih-alih sebagai ejekan. Namun aku sadar bahwa pendekatannya salah untuk sebuah perkembangan karakter,” lanjutnya.

Park Eun Seok juga mengucapkan rasa terima kasih lantaran para fans telah mengingatkannya. Ke depannya, ia berharap agar para fans melihat karakter Alex dengan cara yang berbeda.

“Sekali lagi aku ingin meminta maaf terhadap kalian yang telah tersinggung. Sebagai minoritas, seharusnya aku mengetahuinya lebih baik. Terima kasih karena sudah memberiku kesempatan untuk menyadarinya,” ujar Park Eun Seok.

“Aku berharap agar kalian dapat melihat bahwa penampilan Alex merupakan sebuah bentuk kekaguman yang ingin ia tiru, bukan dengan sengaja untuk mengejek,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *