Ini 5 Tips Mudah Bagi Orang Tua agar Anak Hobi Membaca

Indonewsdaily.com- Membiasakan anak suka membaca sejak dini sangatlah penting. Sebab dunia bisa dijelajahi lewat buku bacaan. Membaca juga membantu proses berfikir dan juga menambah wawasan.

Itu sebabnya penting bagi semua orang tua untuk mengenalkan buku kepada sang anak supaya mereka terbiasa jatuh cinta kepada membaca sejak usia dini.

Dilansir dari Understood dan Reading Rockets, berikut lima cara yang bisa dilakukan orang tua membantu anak hobi membaca :

  1. Membaca di depan anak
    Bacalah buku, majalah, maupun novel di depan anak-anak, sebab anak-anak cenderung mencontoh apa yang sering dilihatnya. Jika orang tua gemar membaca, kemungkinan besar anak-anak akan mengikutinya.
  2. Jadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari
    Jadikan membaca sebagai kegiatan rutin anak-anak, Anda bisa memulainya dengan menerapkan sistem 30 menit membaca setiap hari kepada anak-anak.
  3. Membuat ruang membaca
    Ruang baca untuk anak tidaklah harus besar dan dipenuhi rak berisi buku. Cukup sediakan kursi dan meja dengan pencahayaan baik di sudut kamar maupun ruangan lain agar anak nyaman membaca.
  4. Lakukan perjalanan ke perpustakaan
    Ajaklah anak-anak Anda ke perpustakaan untuk melihat berbagai jenis buku, hal ini bermanfaat memotivasi anak untuk memilih dan membaca berbagai genre buku yang disukainya.
  5. Hadiahkan anak buku bacaan
    Tips terakhir untuk mendukung hobi membaca anak ialah dengan sering-sering memberikannya buku bacaan, seperti buku cerita berseri. Atau Anda bisa memberiakan mereka memilih sendiri buku yang ingin dibeli, bisa dengan membiarkannya memilih di toko online maupun mengajaknya ke toko buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *