Simak! Ini 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Indonewsdaily.com – Khasiat ginseng untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Ginseng merupakan akar tanaman yang memiliki kandungan 2 senyawa, yakni ginsenosides dan gintonin. Kedua kandungan zat tersebut dipercaya saling melengkapi dan mampu memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir dari Healthline :

1. Meningkatkan Fungsi Otak
Tanaman herbal yang satu ini diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi otak, seperti memori, perilaku, hingga suasana hati. Bahkan, sebuah penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi ginseng dalam kurun waktu tertentu menunjukkan peningkatan terhadap kesehatan mental, fungsi sosial, dan suasana hati seseorang.

Sejumlah penelitian lain menunjukkan, komponen dalam ginseng bantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, ada juga studi yang menyebutkan bahwa konsumsi ginseng memberi efek positif pada fungsi otak dan perilaku pada orang dengan penyakit Alzheimer

2. Mengatasi Insomnia
Untuk Anda yang insomnia, ginseng mungkin bisa jadi salah satu alternatif pilihan sebab tanaman herbal ini diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Ginseng memiliki adaptogen, ekstrak tumbuhan yang bisa menyeimbangkan respons tubuh terhadap stresor.

Kandungan di dalamnya membantu tubuh beradaptasi dengan kelelahan dan juga stres, sehingga Anda dapat mengatasi insomnia dengan herbal ini. Kualitas tidur pun dapat ditingkatkan sebab ginseng memiliki efek sedatif pada tubuh yang menenangkan.

3. Lawan Rasa Lelah dan Tingkatkan Energi
Ginseng juga dikenal luas dapat membantu melawan rasa lelah dan meningkatkan energi tubuh. Studi menemukan orang-orang dengan kelelahan kronis yang diberi konsumsi ginseng mengalami lebih sedikit kelelahan fisik dan mental. Selain itu, terdapat lebih dari 155 penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen ginseng tidak hanya membantu mengurangi kelelahan, tetapi juga meningkatkan aktivitas fisik dengan menurunkan kerusakan oksidatif dalam tubuh dan meningkatkan produksi energi dalam sel.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Beberapa penelitian mengeksplorasi efek ginseng pada sistem kekebalan tubuh yang difokuskan pada pasien kanker yang menjalani operasi atau perawatan kemoterapi. Hasilnya menunjukkan, orang-orang yang diberi konsumsi ginseng mengalami peningkatan signifikan dalam fungsi kekebalan serta memiliki risiko kekambuhan gejala yang lebih rendah.

Selain itu, ekstrak ginseng juga diketahui dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap sejumlah penyakit, misalnya influenza.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Senyawa ginsenosides di dalamnya dikenal luas bantu mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan antioksidan, kandungan ini dapat bantu mencegah produksi serta pertumbuhan sel abnormal yang dapat menimbulkan risiko kanker.

Dalam sebuah penelitian observasional menunjukkan orang yang mengonsumsi ginseng memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengembangkan jenis kanker tertentu dibandingkan mereka yang tidak meminumnya, seperti kanker bibir, mulut, kerongkongan, lambung, usus besar, hati, dan paru-paru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *