Ini 3 Minuman Sehat ala Nabi Muhammad, Mulai dari Kunyit Hingga Madu

Indonewsdaily.com – Nabi Muhammad SAW merupakan sosok teladan bagi umat muslim, tak hanya dalam aspek agama dan ketaatannya kepada Allah SWT, namun juga caranya dalam menerapkan pola hidup sehat. Agar selalu sehat Nabi Muhammad diketahui kerap mengkonsumsi minuman yang terbuat dari rempah-rempah.

Bahan-bahan yang digunakan juga tak harus mewah, misalnya rempah-rempah yang tumbuh di sekitar rumah kita, atau yang dapat kita beli dengan harga terjangkau.

Berikut beberapa resep minuman rempah ala Nabi Muhammad, sebagaimana dikutip dari buku ‘Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan’ milik dr. Zaidul Akbar :

1. Power of Six
Minuman rempah yang dinamakan Power of Six oleh dr. Zaidul Akbar ini menggunakan enam jenis rempah-rempahan, karenanya dinamakan Power of Six.

Rempah-rempahan tersebut adalah 1 ruas jahe, 1 batang serai, 1 ruas kunyit, 1/2 temu lawak, 1/2 kencur, 3/4 kayu manis.

Rempah-rempahan tersebut kemudian direbus sambil menambahkan air sebanyak 300 ml air. Untuk proses merebusnya dilakukan sampai keluar aroma rempahnya.

Setelah itu disajikan dengan gelas. Lalu tambahkan madu dan jeruk nipis untuk memberikan rasa manis dan segar.

2. Ultimate Kunyit
Kunyit merupakan rempah jenis tanaman rimpang yang dikenal berwarna kuning menyala. Kunyit juga bisa diolah menjadi minuman menyehatkan karena adanya senyawa kurkuminoid.

Minuman dari rempah kunyit ini dinamakan oleh dr. Zaidul Akbar dengan sebutan Ultimate Kunyit. Kunyit yang dibutuhkan adalah 2 ruas seukuran kelingking orang dewasa.

Kemudian juga dibutuhkan 2 ruas jahe sebesar jempol orang dewasa, 1/2 buah jeruk nipis lokal, madu, 300 ml air dan seujung sendok garam nonrafinasi.

Pertama, jahe dan kunyit di geprek. Kemudian keduanya direbus sampai aromanya keluar dan warna airnya berubah. Setelah itu bisa disajikan dengan menambahkan madu, garam dan air jeruk nipis.

3. Jeruk nipis dan madu
Perpaduan jeruk nipis dan madu juga merupakan kombinasi minuman rempah yang digemari oleh Nabi Muhammad. Nabi Muhammad SAW selalu mengonsumsi madu setiap pagi saat keadaan perut masih kosong.

Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat, kemudian tambahkan madu dan aduk hingga rata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *