Waspada! 8 Kebiasaan Ini yang Bisa Menaikan Asam Lambung

Indonewsdaily.com – Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari.

Asam lambung bisa disebabkan berbagai macam alasan, seperti cincin otot sfingter esofagus yang lemah, hernia hiatus (bagian lambung mencuat ke area dada melalui lubang diafragma), atau pola makan dan kebiasaan hidup sehari-hari yang tidak sehat.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya hindari pola hidup ini agar asam lambung tidak kambuh.

1. Makan terlalu banyak
Makan terlalu banyak bisa membuat asam lambung anda kambuh. hal ini karena makan terlalu banyak, bisa memberi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES).
Melansir Gastroconsa, 20 Desember 2019, LES adalah otot yang membuka dan menutup dalam organ tubuh, yang berfungsi menurunkan ke perut.

Ketika seseorang terlalu banyak makan, maka tekanan pada perut bisa membuat LES terbuka, dan memungkinkan isi perut bocor kembali ke kerongkongan.

Asam lambung yang bocor inilah yang menyebabkan perut terasa mulas.

2. Berbaring setelah makan
Ketika perut kita kenyang, kebanyakan membuat kita mengantuk. Namun, tidur setelah makan bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Apalagi setelah mengonsumsi makanan berlemak.

Berbaring berarti tubuh akan kehilangan manfaat gravitasi untuk membantu menjaga cairan di dalam lambung. Maka, asam lambung bisa naik melalui LES ketika seseorang berbaring setelah makan.

Apabila ada kondisi yang memaksa sesorang harus berbaring bahkan setelah makan, maka coba berbaring miring ke kiri atau meninggikan tubuh bagian atas.

Hal ini dilakukan agar bisa membantu menjaga cairan dan isi dalam perut tetap pada tempatnya.

3. Makan larut malam
Makan terlalu malam atau berdekatan dengan jam tidur juga bisa menaikkan asam lambung.

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya, tidur atau berbaring tak lama setelah makan bisa meningkatkan risiko asam lambung.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan sebaiknya hindari makanan berat atau pedas 3 jam sebelum waktu tidur.

4. Stres
Rutinitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah, mengasuh anak, menonton televisi seharian, sewaktu-waktu bisa memicu stres.

Melansir Roswllness, 3 Juli 2020, stres meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon yang juga bisa mempengaruhi sistem pencernaan.

Akibatnya, seseorang yang mengalami stres bisa memicu asam lambung naik.

5. Minum terlalu banyak saat makan
Minum air dalam jumlah yang cukup memang baik bagi tubuh. Akan tetapi, hati-hati jika minum terlalu banyak saat makan.
Minum terlalu banyak selama makan bisa mengencerkan asam lambung yang dibutuhkan untuk pencernaan. Pastikan Anda meminum air dalam jumlah cukup.
Minum cukup air, tidak kurang dan tidak lebih, bisa membantu menerna makanan.

6. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat
Karbohidar merupakan makronutrien yang penting bagi tubuh karena dapat menghasilkan energi dalam jumlah besar.

Kendati demikian, mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat bisa memicu asam lambung, terutama jika tidak diimbangi dengan nutrisi lainnya. Misalnya, kebiasaan makan mi dengan nasi, perkedel kentang dengan nasi, bubur ketan dengan roti.

Makanan yang mengandung banyak karbohidrat, sama seperti gula, akan menyebabkan gas dalam tubuh, dan mengakibatkan kembung.

7. Mengkonsumsi pengganti gula
Hati-hati dengan makanan instan yang memberi label “bebas gula”.

Meski bebas gula juga akan menimbulkan reaksi gas di sistem pencernaan.

Alkohol gula, seperti xylitol, sorbitol, dan manitol adalah pemanis rendah kalori yang digunakan untuk membuat makanan bebas gula tertentu.

Meskipun rendah kalori, tetapi kandungan ini tetap memiliki beberapa efek samping dari gula. Kandungan ini cenderung menimbulkan gas dan gejala usus lainnya karena tubuh tidak bisa dengan mudah menyerapnya.

8. Minum minuman bersoda
Minuman bersoda kerap jadi sajian pelepas dahaga favorit.

Gelembung soda yang mendesis karena dengan karbon dioksida kerap membuat peminumnya bersendawa.

Penting dicatat, setiap gas yang Anda sendawakan akan berakhir di usus dan menyebabkan kembung.

Seperti soda, bir berkarbonasi tetapi juga mengandung karbohidrat yang dapat difermentasi dari biji-bijian yang digunakan untuk menyeduhnya.

Kedua jenis minuman ini bisa berpotensi menaikkan asam lambung Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *