Inilah 75 Calon Exco PSSI, Bambang Pamungkas Tidak Lolos

Logo PSSI.

Indonewsdaily.com – Komite Pemilihan PSSI mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) kini hanya menyisakan 75 orang. Beberapa nama tidak lolos, salah satunya Bambang Pamungkas.

Sebanyak 75 orang ini terdiri dari lima calon Ketua Umum, 16 Calon Wakil Ketua Umum, dan 54 calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Itu berarti lima bakal calon (balon) ketua umum memenuhi persyaratan semua.

Untuk posisi Wakil Ketua Umum yang tidak lolos adalah Achsanul Qosasi, Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Iwan Budianto, dan Ponaryo Astaman. Mereka tidak menyerahkan formulir kesediaan karena dicalonkan pihak lain.

Maka itu, Bambang Pamungkas dan empat nama lainnya yang sempat menjadi Balon Waketum tidak bisa mengajukan banding. Karena mereka dari awal memang tidak pernah mencalonkan diri sendiri.

Sementara untuk Balon Exco terdapat 27 orang yang tidak lolos verifikasi. Hanya dua di antara mereka yang bisa mengajukan banding, yakni Bima Sinung Widagdo dan Mirza Rinaldy Hippy.

“Di level pertama KP sudah menerima pendaftaran, lalu mereka melakukan verifikasi, verifikasinya registrasi dan segalanya, lalu hari ini ada DCS (Daftar Calon Sementara), itu diberikan kepada kami KBP, tapi kami punya waktu tiga hari,” kata Ketua KP Amir Burhanuddin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (31/1/2023).

“Tanggal 1, 2, dan 3 (Februari) memeriksa mereka-mereka yang merasa tidak puas di tingkat pertama, banding, nanti mereka akan ke kami. Kami akan periksa kembali, memverifikasi lagi, tanggal 1, 2, 3 (Februari) nanti tanggal 6 baru kami akan melakukan penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) di tanggal 6 karena sesuai ketentuan, 10 hari kemudian, tanggal 16 Feb baru kita melakukan KLB pemilihan ketua dan Exco. Kira-kira begitu step-stepnya,” ujarnya menambahkan.

Dijelaskan Amir, sebanyak 27 Balon anggota Exco yang tidak lolos karena berbagai alasan. Mulai dari tidak mengembalikan formulir ketersediaan hingga terbentur aturan terlibat di sepakbola selama lima tahun.

Tapi hanya dua di antaranya yang masih akan ditunggu bandingnya. Sementara 25 lainnya dipastikan tak bisa banding, diduga kuat karena belum terlibat kepengurusan sepakbola selama lima tahun.

“KP menganggap yang bersangkutan yang bersangkutan belum memenuhi 5 tahun aktif di sepakbola, sebagaimana CV dan lembar konfirmasi dari pengusungnya,” kata Ketua KP Amir Burhanuddin di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (31/1/2023), soal dua nama yang tak lolos calon anggota Exco tapi bisa banding.

“Tetapi kenapa kami kualifikasikan dapat banding, barangkali yang bersangkutan ada kelupaan CV belum dilampirkan, itu bisa saja akan dipertahankan dalam proses banding,” ujar Amir.

Sementara itu Ketua Komite Banding Pemilihan Gusti Randa memberikan kesempatan kepada nama-nama yang masih bisa mengajukan banding untuk segera melengkapi dokumen yang kurang. Hanya sebentar waktu yang diberikan oleh KBP mengingat semakin mepetnya KLB yang akan digelar pada 16 Februari mendatang.

“Sudah kita dengar tadi, di level pertama KP sudah menerima pendaftaran, lalu mereka melakukan verifikasi, verifikasinya registrasi dan segalanya, lalu hari ini ada DCS (Daftar Calon Sementara), itu diberikan kepada kami KBP, tapi kami punya waktu tiga hari. Tanggal 1, 2, dan 3 (Februari) memeriksa mereka-mereka yang merasa tidak puas di tingkat pertama untuk banding,” tutur Gusti Randa.

“Nanti mereka akan ke kami. Kami akan periksa kembali, memverifikasi lagi, tanggal 1, 2, 3 (Februari) nanti tanggal 6 baru kami akan melakukan penetapan DCT (Daftar Calon Tetap), karena sesuai ketentuan, 10 hari kemudian, tanggal 16 Februari baru kita melakukan KLB pemilihan ketua, wakil ketua dan Exco. Kira-kira begitu step-stepnya,” ucapnya.

74 Calon Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk posisi Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Exco

 

Calon Ketua Umum PSSI yang memenuhi syarat:

 

  1. La Nyalla Mattalitti,
  2. Erick Thohir,
  3. Ari Putra Wicaksono,
  4. Doni Setiabudi,
  5. Fary Djemy Francis

 

Calon Wakil Ketua Umum PSSI yang memenuhi syarat:

 

  1. Ahmad Riyadh
  2. Ahmad Syauqi
  3. Andre Rosiade
  4. Doni Setiabudi
  5. Duddy S Sutandi
  6. Fary Djemy Francis
  7. Gede Widiade
  8. Hasani Abdulgani
  9. Hasnuryadi Sulaiman
  10. Juni Rachman
  11. Maya Damayanti
  12. Ratu Tisha
  13. Sadikin Aksa
  14. Yesayas Oktavianus
  15. Yunus Nusi
  16. Zainudin Amali

 

Calon Anggota Exco yang memenuhi syarat:

 

  1. Ach Baidowi
  2. Agus Ambo Djiwa
  3. Ahmad Riyadh
  4. Ahmad Susanto
  5. Ahmad Syauqi
  6. Andre Rosiade
  7. Apung Widadi
  8. Arya Mahendra
  9. Azrul Ananda
  10. Bangun Salmon
  11. Benny Erwin
  12. Benny Tomasoa
  13. Bustami Zainudin
  14. Dirk Soplanit
  15. Djamal Aziz
  16. Doni Setiabudi
  17. Duddy S Sutandi
  18. Eko Setyawan
  19. Endri Erawan
  20. Fary Djemy Francis
  21. Ganisa Pratiwi
  22. Gede Widiade
  23. Hasani Abdulgani
  24. Hasnuryadi Sulaiman
  25. Husni Efendi
  26. Indra DT Rajo
  27. Juni
  28. Kairul Anwar
  29. Katno
  30. Lexyndo Hakim
  31. Monica Desideria
  32. Muhamad Jaelani
  33. Muhammad
  34. Paulus Kia Botoor
  35. Pieter Tanuri
  36. Rocky Bebena
  37. Rowland Heinrich
  38. Rudi Yudianto
  39. Sigit Widodo
  40. Ophan Lamara
  41. ST Diza Rasyid
  42. Sumardji
  43. Syafril Nasution
  44. Teddy Tjahjono
  45. Tigor Shalom
  46. Tommy Apriantono
  47. Vivin Cahyani
  48. Wempi Wetipo
  49. Yesayas Oktavianus
  50. Yeyen Tumena
  51. Yosephine Natalitha
  52. Yunus Nusi
  53. Zulkarnaen
  54. Achsanul Qosasi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *