Kemahasiswaan FILKOM Universitas Brawijaya Ciptakan Portal Informasi Layanan

Ket foto : Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H yang merupakan tenaga kependidikan bagian kemahasiswaan UB yang menggagas PORSKI.

Indonewsdaily.com, Malang Raya – Fakultas Ilmu Komputer UB melalui bagian kemahasiswaan menciptakan Portal Informasi Layanan Kemahasiswaan (PORSKI), laman ini berbasis web yang diintegrasikan dengan fitur google form.

Ide dan gagasan dari PORSKI ini berasal dari Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H selaku tenaga kependidikan bagian kemahasiswaan dan bimbingan dari Dyah Anggraeni, S.E selaku Koordinator Tata Usaha FILKOM. PORSKI dirasa sangat membantu dalam bidang layanan kemahasiswaan, apalagi di masa pandemi saat ini sehingga memudahkan mahasiswa dalam pengurusan berkas administrasi yang berkaitan dengan kemahasiswaan.

Adapun tujuan dari PORSKI ini dari sisi bagian kemahasiswaan adalah menciptakan sistem untuk merekap data pengajuan dari mahasiswa sesuai standar yang ditetapkan oleh fakultas. Data tersebut tersimpan dengan rapi pada google drive Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip), dan Indeks Kinerja Utama (IKU) serta akreditasi.

Selain itu dari sisi pegawai kemahasiswaan akan mempermudah dalam membuat laporan capaian kinerja pegawai serta menciptakan efisiensi waktu dalam proses pengajuan sampai selesai. Sedangkan dari sisi mahasiswa adalah terciptanya proses manajemen pengajuan berkas kemahasiswaan contohnya dalam mendaftar dan mengetahui antrian wisuda sehingga mahasiswa dapat setiap waktu mengetahui dan memonitor perkembangan status antrian wisudanya.

PORSKI juga memberikan kepastian atau informasi yang valid mengenai info wisuda melalui website resmi fakultas. Hermawan menyampaikan ide untuk menciptakan PORSKI ini berasal dari kurangnya pengumuman secara informatif kepada mahasiwa tentang pendaftaran dan proses serta info antrian wisuda di lingkup fakultas, sehingga mahasiswa tidak dapat memantau pengajuan wisudanya.

Kemudian proses pendaftaran yang kurang efisien seperti adanya antrian di Lorong gedung F FILKOM lantai 6 setiap ada pembukaan wisuda.

Dengan sistem seperti itu maka proses administrasi di bagian kemahasiswaan tidak dapat berjalan secara maksimal karena mengalami penundaan pada tugas yang lainnya.

“Karena masa pandemi saat ini yang membuat mahasiswa tidak dapat ke kampus dan mengurus segala sesuatunya secara online,” ujarnya.

Hermawan juga berharap PORSKI ini tidak hanya melalui web tapi juga dapat berkembang melalui aplikasi mobile yang tersedia di Play Store atau App Store sehingga dapat menjangkau mahasiswa lebih luas kedepannya.

Ket foto : Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H yang merupakan tenaga kependidikan bagian kemahasiswaan UB yang menggagas PORSKI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *