Ini Terobosan Lima Inovator Muda Universitas Brawijaya Atasi Stress Pasien Covid-19

Indonewsdaily.com, Malang – Pandemi Covid-19 membawa berbagai dampak terhadap aspek kesehatan masyarakat, salah satunya psikologis. Dewasa ini, banyak masyarakat yang mengalami tekanan secara psikologis setelah terinfeksi Covid-19 menyebabkan masalah yang cukup mendesak untuk ditangani.

Terbatasnya penanganan psikologis sebagai dampak pandemi Covid-19 mendorong kelompok mahasiswa Universitas Brawijaya yang terdiri atas Moch. Denny Rosyid, Mohammad Nazhif Dzikrur Rohman, Ayu Cetiya Mahayekti, dan Rahma Nur Fitriani membuat sebuah inovasi teknologi tepat guna yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pasien yang mengalami stress akibat terkonfirmasi Covid-19 saat isolasi di unit rawat inap.

“Teknologi ini adalah Smart Hospital Bed yang didesain khusus untuk mengurangi stress pada pasien Covid-19. Alat tersebut berupa bed pasien yang dirancang agar dapat menghasilkan gerakan berupa massage atau pijatan yang nyaman bagi pasien, dapat menghasilkan aromaterapi, dan terapi musik,” ungkap Moch. Denny Rosyid, Sabtu (31/7/2021).

Berdasarkan rancangannya, bed ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu, nadi, dan tekanan darah pasien. Sehingga melalui Smart Hospital Bed ini nantinya akan membantu tenaga kesehatan dalam memantau keadaan pasien Covid-19 terutama tanda-tanda vital pasien.

“Smart Hospital Bed akan terhubung dengan aplikasi smartphone atau IoS yang tersambung melalui bluetooth dan Wi-Fi,” terangnya.

Salah satu keunggulan bed pasien ini adalah semua terhubung dengan perangkat smartphone dan IoS sehingga mencegah penyebaran droplet dan mengurangi resiko tenaga kesehatan terserang Covid-19.

Kini kelima mahasiswa ini sedang berjuang agar dapat memberikan hasil yang terbaik sehingga inovasi yang dibuat dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *