Maroko Berhasil Lolos ke Babak 16 Besar Piala Afrika

Sumber foto: suara.com

Indonewsdaily.com – Maroko memastikan tiket mereka ke babak 16 besar Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Komoro 2-0. Sementara itu, Senegal ditandingi Guinea tanpa gol.

Pada laga kedua Grup C yang digelar di Stade Ahmadou Ahidjo, Jumat (14/1/2022) malam WIB, Maroko kembali menurunkan tim terbaiknya seperti Yassine Bounou, Roman Saiss, Achraf Hakimi, Adam Masina, Sofiane Boufal, dan Ayoub El Kaabi.

Menghadapi tim debutan, Maroko tampil dominan atas Komoro sejak menit awal. Hasilnya Maroko membuka skor pada menit ke-16. Berawal dari sepakan El Kaabi yang mengenai bek Komoro, bola muntahan itu direbut Salim Amallah.

Amallah mengecoh satu pemain sebelum melepaskan tendangan keras ke pojok gawang Komoro. Setelah itu Maroko berusaha menambah gol namun selalu sia-sia.

Maroko mendominasi dengan melakukan 19 upaya, sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Komoro tidak memiliki satu tembakan tepat sasaran dari total tujuh.

Maroko baru bisa menggandakan skor pada menit ke-89 ketika Zakaria Aboukhal mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini Amallah yang memberikan umpan terobosan untuk Aboukhal yang merasa bebas di depan gawang dan dengan mudah membentur gawang.

Gol tersebut diulas VAR karena berpotensi offside namun akhirnya dipastikan, Maroko menang 2-0 sekaligus mengunci tiket ke babak 16 besar. Maroko saat ini memuncaki Grup C dengan enam poin.

Perolehan poin tidak bisa dikejar lagi Ghana yang berada di posisi ketiga dengan satu poin. Ghana sendiri hanya bermain imbang 1-1 melawan Gabon, Sabtu (15/1/2022) dini hari WIB.

Andre Ayew membawa Ghana memimpin 1-0 pada menit ke-18 sebelum Jim Allevinah menyamakan kedudukan pada menit ke-88! Ghana kini harus mengalahkan Komoro di laga terakhir, sembari berharap Gabon kalah dari Maroko, untuk lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021.

Pasalnya, Gabon berada di peringkat kedua grup dengan empat poin. Sementara itu, pada laga lainnya di Grup B, Senegal gagal melanjutkan tren kemenangannya setelah bermain imbang 0-0 dengan Guinea.

Meski Senegal tampil dominan dengan 10 kali percobaan, dua di antaranya mengarah ke gawang dan Gabon hanya melakukan lima kali percobaan. Guinea berada di posisi teratas dengan empat poin, disusul Senegal dengan poin yang sama. Malawi di tempat ketiga dengan tiga poin dan Zimbabwe dengan nol poin tersingkir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *