Menghina Tradisi, KNPI Jawa Timur Minta POLRI Tangkap Pelaku yang Membuang Sesajen di Lumajang

Screenshot video viral pelaku melempar dan membuang sesajen.

Indonewsdaily.com, JATIM – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Jawa Timur (DPD KNPI JATIM) mengecam keras ulah oknum yang menendang dan membuang sesaji di daerah Lumajang, yang viral belakangan ini.

Berdasarkan video yang beredar luas di medsos, terlihat seorang pria yang mengenakan jubah abu-abu dan rompi hitam yang menendang lalu membuang sesajen di lokasi erupsi gunung Semeru.

Dari penelusuran media, peristiwa dalam video tersebut diduga terjadi di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Sangat disayangkan, pelaku tidak menghormati nilai, adat istiadat dan keyakinan masyarakat. Maka kami berharap Polisi segera menangkap pelaku dan diproses secara hukum,” tegas Ketua Karteker DPD KNPI Jawa Timur, yang juga Ketua Bidang di DPP KNPI, Himawan Probo Pamungkas, dalam rilisnya, Selasa, 11/1/2022.

Mendukung hal tersebut, Sekretaris DPD KNPI Jatim menambahkan bahwa sesajen merupakan ‘wahana’ spritual yang sudah sangat lama mewarnai peradaban masyarakat dan dipandang sebagai bagian dari nilai luhur dan kearifan lokal bangsa Nusantara.

“Banyak literatur budaya yang mengkajinya, sesajen mengandung nilai spritual tertentu dan masuk di ranah keyakinan. Kita harus menghargai itu sebagai bagian dari kekayaan budaya Nusantara,” kata Liga Alam M, Pengurus DPP KNPI yang merangkap sebagai Sekretaris Karetaker DPD KNPI Jawa Timur.

Hingga berita ini ditulis, Polisi sedang bekerja mengusut kasus ini dan mengejar pelaku untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *