Ning Ita Lantik 52 Pejabat Harap Kinerja Meningkat

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari melantik 52 pejabat Kota Mojokerto. Walikota yang akrab disapa Ning Ita itu mengatakan, promosi jabatan didasarkan hasil kinerja, bukan hanya semata senioritas kepangkatan atau golongan.

Menurutnya, struktur jabatan sama halnya dengan susunan Piramida, dimana semakin keatas semakin mengerucut dan semakin sedikit pula formasinya. Sehingga tidak semua orang dapat berada di posisi tersebut, karena kecilnya peluang.

“Orang-orang tertentu yang dimaksud adalah fokusnya, penekanannya, prioritasnya pada kinerja, bukan hanya menyangkut senioritas atau kepangkatan saja” ucap Ning Ita, Jumat 10/9/2021, di pendopo Kridatama Rumah Rakyat Kota Mojokerto

Sebagai ASN, harus berkomitmen sebagaimana yang sudah ditandatangai pada pakta integritas bertanggungjawab kepada Walkota Mojokerto.

52 orang pejabat yang dilantik oleh Ning Ita terdiri dari 3 administrator, 38 orang pengawas dan 11 orang pengawas fungsional yang bertugas di bagian pemadam Kebakaran Satuan polisi pamong praja dan uji kendaraan bermotor pada pada Dinas perhubungan.

Menurut Ning Ita sapaan Walikota, mutasi, rotasi dan promosi pejabat struktural merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang sudah dilakukan secara konsisten. Pada pelantikan ini juga dilakukan pengangkatan pertama ke dalam jabatan fungsional, dan pengangkatan melalui inpassing ke dalam jabatan fungsional.

“Pengangkatan jabatan fungsinal melalui jalur inpassing ini sesuai surat Menteri dalam negeri Republik Indonesia Nomor 364.1/4259/bak perihal penyampaian rekomendasi pengangkatan pejabat fungsional bagi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah melalui inpassing” tegas Ning Ita. Selain itu juga atas surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB tanggal 9 september 2020 perihal pengangkatan kedalam jabatan fungsional melalui pengangkatan pertama.

Pelantikan ini juga sebagai bentuk kepentingan organisasi dan analisis beban kerja, guna mengangkat dan menempatkan jabatan bagi PNS yang memang sesuai dan memiliki kompetensi. Dengan mempertimbangkan asas the right man on the right place yang terimplementasi di seluruh instansi Pemerintah, menjadi hal yang mutlak dilakukan, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memaksimalkan produktifitas instansi.

“Saya berharap para ASN tidak cukup hanya bertumpu pada saat di awal pengangkatan atau pada saat naik jabatan saja. Namun harus ada inovasi-inovasi dan kreatifitas yang dihasilkan, yang dapat mendukung perkembangan karir pegawai serta manfaat bagi organisasi” pungkasnya.

Acara pelantikan itu juga nampak dihadiri oleh Wakil Walikota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria, Sekdakot Gaguk Tri prasetyo, Asisten, staf ahli dan pimpinan OPD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *