Paska Lebaran, Bandara Timika Berlakukan Pemeriksaan Ketat

Indonewsdaily.com, Nabire – Pasca perayaan Idul Fitri (Lebaran) 13 Mei lalu. Semua Maskapai penerbangan di Bandar udara Moses Kilangin Timika Papua mulai melayani penerbangan dari dan ke Mimika. Namun dengan demikian pemeriksaan ketat diberlakukan Pemkab Timika untuk mencegah sebaran Covid – 19.

“Senin kemarin kami mengikuti pertemuan virtual yang digelar istana. Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada kepala daerah tingkat provinsi, kabupaten / kota terkait sebaran covid pasca lebaran,” tutur Wakil Bupati Timika Johanes Rettob, Rabu (19/5/21) di Mimika Ibu Kota Timika.

Menurutnya secara umum kasus Covid – 19 di Papua menurun, namun bukan berarti abai akan sebaran wabah pandemi yang masih berlansung. Apalagi menurutnya Presiden RI mewanti – wanti kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk tetap hati – hati dan waspada dengan ditemukannya virus varian baru.

Rettob menyatakan Pemkab Timika beserta stake holder dan OPD terkait sudah melakukan pemeriksaan di lokasi mobilisasi warga seperti bandara.

“Kami bersama dinas terkait sudah mulai melaksanakan pemeriksaan kepada para penumpang pesawat meliputi kelengkapan dokumen dan surat rapid tes anti gen bebas Covid – 19,” imbuhnya.

Wabup menegaskan pemeriksaan keaslian dan masa berlaku rapid tes bebas Covid – 19 perlu diperhatikan. Karena bukan mustahil ada warga (oknum) menunjukan rapid tes paslu.

Pemberlakuan pemeriksaan rapid tes tidak hanya diberlakukan bagi penumpang baru yang boarding pass namun juga kepada penumpang yang baru tiba di bandara dari luar Mimika.

Menurutnya kasus Covid – 19 di Mimika mengalami penurunan, pemakaian tempat tidur pada ruang isolasi hanya 5 persen. Namun itu bukan berarti kita lalai. Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dengan menaati protokol kesehatan.

“Saya himbau kepada masyarakat untuk terus waspada dengan tetap menjalankan dan mematuhi prokes. Bagi masyarakat yang baru tiba di Timika saya sarankan untuk melakukan isolasi mandiri,” pungkasnya. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *