Wajib Disimak! Ini Deretan Buah yang Dapat Memberikan Kulit Cerah Terawat

Indonewsdaily.com – Bagi kebanyakan orang memiliki kulit putih berseri dan glowing menjadi idaman. Tak jarang, khususnya untuk kaum hawa mereka rela mengeluarkan uang lebih agar kulit mereka terlihat terawat dan glowing. Kaum hawa pasti mengidamkan hal tersebut dan berlomba-lomba melakukan perawatan, mulai dari perawatan medis hingga herbal.

Namun taukah kamu bahwa kulit yang sehat terawat juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan lho. Ini dia enam jenis buah untuk kulit agar tetap sehat dan terawat.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat untuk kulit agar elastis dan tetap lembab. Para ilmuwan menemukan, konsumsi lemak sehat dalam buah alpukat terkait dengan kulit yang kenyal. Tak hanya itu, buah kehijauan ini juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Vitamin E dapat berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Menurut riset, manfaat vitamin E tersebut dapat menjadi optimal dengan konsumsi vitamin C, yang juga terkandung dalam buah alpukat. Vitamin C pun memiliki sifat antioksidan dan membantu produksi kolagen untuk kulit yang sehat. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit kasar dan kering.

  1. Tomat

Tomat kaya dengan vitamin dan mengandung pigmen alami karotenoid seperti likopen. Vitamin C dalam tomat telah terbukti sebagai molekul antioksidan yang juga menjaga kesehatan kulit, termasuk dengan membantu produksi kolagen.
Sementara itu, likopen dibuktikan para ahli mampu melindungi kulit dari matahari. Likopen juga dapat mencegah kerutan.

Anda dapat membantu tubuh agar optimal dalam menyerap karotenoid seperti likopen dengan mengonsumsi sedikit sumber lemak sehat bersama tomat. Sumber makanan lemak sehat tersebut termasuk minyak zaitun.

  1. Blueberry

Buah blueberry mengandung vitamin A dan vitamin C, yang telah dikenal dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
Tak hanya itu, buah ini memiliki molekul antioksidan antipenuaan, yang disebut antosianin. Antosianin menjadi zat yang memberikan warna biru yang cantik pada buah blueberry.

Vitamin A, vitamin C, dan antosianin dapat melindungi kulit dari kerusakan, akibat sengatan matahari, stres, dan polusi udara. Zat-zat tersebut bekerja dengan meredakan respons peradangan dan mencegah kulit kehilangan kolagen. Buah berry lain pun dapat membantu kesehatan kulit, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini ternyata tak hanya baik untuk pencernaan namun juga untuk kulit karena mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu meningkatkan elastisitas kulit, dan juga dapat mengurangi penampakan garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan.

Selain itu, buah yang dijual dengan harga sangat terjangkau ini juga mengandung vitamin A, C, K, dan E Beragam vitamin B, kalsium, fosforus, kalium, magnesium, dan enzim papain yang sering digunakan dalam produk-produk eksfoliasi kulit yang dapat bertindak sebagai zat antiperadangan dan mencegah penuaan.

  1. Jambu biji

Akhir-akhir ini jambu biji sangat populer ya, karena sedang musimnya sehingga kamu pun bisa mendapatkannya dengan mudah. Jambu biji diketahui mengandung vitamin C telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen.
Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit zinc, salah satu faktor untuk produksi kolagen.

  1. Jeruk

Mayoritas orang saat ditanya buah apa yang mengandung vitamin C, pasti menjawab jeruk. Memang, jeruk sudah sangat familiar di kalangan masyarakat sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang banyak. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang dapat membuat kulit lebih cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *