Berhasil pertahankan Status Zona Hijau, Kecamatan Bangkalan Berguru ke Desa Punten

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19 Kelurahan Pangeranan kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Melakukan study banding ke Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu ( 5/06/2021). Rombongan di sambut oleh Kepala Desa Punten Hening Trisunu dan Tim Pelaksana PPKM Mikro Desa Punten. Dalam pemaparanya Kepala Desa Punten menyampaikan kiat kiatnya agar bisa mempertahankan Zona Hijau yang saat ini disandang oleh Desa Punten, “Displin dalam menjalankan Prokes menjadi kunci untuk bisa memutus mata rantai penyebaran Covid”, katanya beberapa saat lalu.

Bahkan jauh – jauh hari lanjutnya, Pemerintah Desa Punten sudah menerapkan gerakan cuci tangan sebelum dan sesudah memulai aktifitas di masing masing RT. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat cuci tangan di masing masing lingkungan RT. Alhasil upaya yang di lakukan Pemerintah Desa Punten membuahkan hasil. Selain tingkat penyebaran Covid 19 yang sangat rendah, angka kematian covid juga bisa ditekan, “Awalnya kami memerintahkan masing masing RT untuk membuat tempat cuci tangan di lingkungan masing masing. Minimal dua tempat cuci tangan. Ini sebagai langkah awal untuk mencegah penyebaran Covid 19 di Desa Punten,” tuturnya.

Kepala Desa yang juga ketua Tim Pelaksana PPKM Mikro Desa Punten ,membeberkan, meskipun pada awal awalnya ada beberapa warga Desa Punten yang meninggal akibat Covid namun hasil dari diagnosa dokter tidak murni terserang virus Covid 19. Kebanyakan mereka yang meninggal selalu disertai penyakit bawaan. Dan segala bentuk bantuan yang diberikan kepada warga yang melaksanakan isolasi mandiri selalu dipenuhi oleh pemerintah Desa. “Kami selalu mengedepankan pendekatan kepada keluarga yang terkonfirmasi positif Covid 19 dengan memberikan bantuan kebutuhan pokok dan vitamin,” tambahnya.

Sementara itu Camat Bangkalan, Cici Fadiah sekaligus ketua rombongan Study banding mengaku takjub dengan kesiapan Desa punten dalam menghadapi pandemi Covid 19. Maksud kedatangannya bersama Lurah dan RT / RW ini ingin mengetahui secara langsung fasilitas pendukung yang yang ada di Desa Punten. Terlebih lagi Desa Punten sudah berhasil mempertahankan Zona hijau, artinya tak satupun warganya terkonfirmasi Positif Covid 19. “Kami takjub, Pak Kades bersama Tim Pelaksana PPKM Mikro Desa Punten mampu memperthankan status Zona Hijau di Desa Punten dan melaksanakan PPKM Mikro”, ujarnya.

Mengakhiri kunjungan ke Desa Punten rombongan Study Banding diajak berkeliling di kompleks Balai Desa Punten yang juga dipersiapkan sebagai Posko Tim Pelaksana PPKM Mikro Desa Punten. Mulai dari ruang isolasi mandiri, shalter, dapur PPKM mikro hingga gudang penyimpanan logistik. (Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *